Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 27 Sep 2019 11:05 WIB

Sexy Killers, Film Kontroversial Bikinan Dandhy Laksono

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: dok. ist Foto: dok. ist
Jakarta - Dandhy Dwi Laksono tengah malam tadi ditangkap oleh Polda Metro Jaya. Dia ditangkap lantaran cuitannya terkait Wamena dianggap mengandung ujaran kebencian.

Dandy sebelumnya juga sudah menimbulkan kontroversi. Dia membuat film dokumenter berjudul Sexy Killers melalui rumah produksi yang dia dirikan yaitu Watchdoc.

Menarik untuk mengulas lagi, seperti apa film Sexy Killers yang disutradarai Dandhy Laksono?

Dari judulnya saja, film itu membuat orang bertanya-tanya tentang apa. Tapi banyak orang yang keliru tentang judul dan isinya.


Film ini bercerita tentang listrik dan membahas dampak penambangan batu bara oleh perusahaan besar yang berhubungan dengan petinggi di Indonesia.

Sexy Killers berdurasi 1 jam 28 menit. Film ini menampilkan sisi lain dari pertambangan batu bara. Dampak buruknya yang lebih ditonjolkan dalam film ini.

Masyarakat dekat lokasi tambang batu bara terdampak seperti retaknya rumah karena lokasi tambang yang terlalu dekat. Bahkan hingga timbulnya korban jiwa karena penyakit paru-paru hingga jatuh ke kubangan air bekas tambang.



Belum lagi dampak lingkungan. Banyak hutan yang dibabat habis. Seluruh borok pertambangan batu bara diulas oleh film itu.

Misalnya lagi, produksi batu bara di Kalimantan kemudian dikirim ke PLTU menggunakan kapal tongkang. Begitu sampai di PLTU, uap batu bara menggerakkan turbin untuk menghasilkan listrik namun polusinya mencemari udara sekitar.

Film ini ramai diperbincangkan karena dirilis beberapa hari menjelang Pipres 17 April 2019.

Simak Video "Meski Telah Dipulangkan, Aktivis Dandhy Laksono Bersatus Tersangka"
[Gambas:Video 20detik]
(das/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com