Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 27 Sep 2019 12:53 WIB

Tanggapan Luhut hingga Sandiaga soal Film Bikinan Dandhy Laksono

Danang Sugianto - detikFinance
1 Menteri ESDM Ignasius Jonan
Halaman 2 dari 5
Foto: Istimewa Foto: Istimewa

Jonan ikut dimintai tanggapan lantaran jabatannya saat ini menjadi Menteri ESDM. Kala itu dia mengaku sudah mengetahui film tersebut, namun ia belum sempat menontonnya.

"Tulisan judulnya kan Sexy Killers, kalau di rumah saya mau buka (film Sexy Killers), tapi takut juga, kalau dilihat istri waduh dikira nonton apa itu, kok ada 'sexy-sexy'-nya. Jadi batal deh nontonnya, nanti saja saya tonton," ujar Jonan usai mencoblos di TPS 099 SDN Cipete Utara, Jakarta, Rabu (17/4/2019).

Namun Jonan menegaskan soal pertambangan dan dampaknya, hingga saat ini ia sudah membuat peraturan terkait hal tersebut. Misalnya jika ada perusahaan yang tidak berkomitmen untuk menjamin reklamasi maka tak akan ditanggapi oleh Kementerian ESDM.

"Saya sudah bilang ke semua pemegang konsesi tambang, mereka harus melakukan kegiatan reklamasi dan konservasi lingkungan sesuai dengan peraturan. Arahan presiden juga begitu," tuturnya.

Dia meyakini, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mendorong hal yang sama. Sebab penegakan hukum di bidang lingkungan merupakan wewenang KLHK.

(das/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com