Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 04 Okt 2019 13:20 WIB

Sering Bicara Kendaraan Listrik, Menhub Sudah Pakai?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi merupakan salah satu tokoh yang kencang mendorong penggunaan kendaraan listrik. Mulai dari bicara transportasi umum berbasis listrik hingga mendorong pegawainya sewa mobil listrik.

Lantas apakah Budi Karya juga sudah menggunakan kendaraan listrik?

Budi Karya mengaku hingga kini dia sudah pakai kendaraan berbasis listrik. Meskipun kendaraan yang dia gunakan cuma hybrid, alias gabungan mesin bahan bakar minyak dengan motor listrik.


Menurutnya, sebagai regulator akan sulit mengimbau orang lain gunakan kendaraan listrik kalau dirinya sendiri tidak menggunakan sebagai contoh.

"Bicara listrik, saya juga sudah pakai, sudah ada kendaraan listrik biar masih hybrid. Yang susah ya kalau diri sendiri nggak gunakan, ya gimana mau nyuruh orang lain pakai," ucap Budi Karya saat berbincang dengan Tim Blak-blakan detikcom di kantornya, Kamis (3/10/2019).


Terlebih lagi, Kemenhub menurutnya diamanatkan Presiden Joko Widodo untuk mendukung kendaraan umum berbasis listrik. Setidaknya untuk angkutan umum berbasis listrik terbaru sudah ada taksi dan bus listrik.

"Presiden jelas bilang 'Pak Menteri tolong dukung kendaraan listrik oleh taksi dan bus'," kisah Budi Karya.

Sebelumnya, di internal kementeriannya sendiri pun Budi Karya mendorong pemanfaatan kendaraan listrik. Kemenhub bakal melakukan pengadaan sekitar 100 mobil listrik pada Desember 2019 ini, nantinya jajaran Eselon I dan II akan menggunakan mobil listrik.


Sering Bicara Kendaraan Listrik, Menhub Sudah Pakai?


Simak Video "Pembebasan Lahan Proyek KA Makassar-Parepare Segmen 3 Digeber!"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com