Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 10 Okt 2019 13:41 WIB

Kabar Gembira! Pemilik Mobil Listrik Dapat Diskon Tarif Listrik

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Foto: Rizki Pratama Foto: Rizki Pratama
Jakarta - PT PLN (Persero) akan memberi diskon tarif listrik hingga 30% bagi pemilik mobil listrik. Diskon tarif listrik ini diberikan PLN guna mendukung percepatan penggunaan kendaraan listrik di Indonesia.

Melansir dari CNN Indonesia, Kamis (10/10/2019), Diskon tarif listrik yang diberikan mulai pukul 22.00 hingga pukul 04.00. Artinya, setiap pemilik mobil listrik akan mendapat diskon tarif listrik hingga 30% untuk setiap penggunaan listrik pada pukul 22.00 hingga pukul 04.00.

"Iya untuk waktu tertentu. Kalau charge-nya jam 22.00 sampai dengan jam 04.00 discount 30 persen. Ini bagian dari insentif dari PLN tanpa kerja sama dengan pihak manapun," kata General Manajer PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) Ikhsan Assad saat dihubungi CNN, Rabu (9/10).


Namun menurut Ikhsan, pengenaan diskon hanya untuk instalasi listrik rumah yang telah didaftarkan pelanggan PLN. Tidak hanya diskon, PLN juga akan membebaskan biaya tambahan daya listrik rumah tangga. Diskon ini berlaku untuk semua merek mobil listrik secara nasional di seluruh Indonesia.

"Kemudian kalau mau tambah daya misal punya mobil listrik kami kasih free biaya. Ini berlaku buat semua merek mobil listrik," ucap Ikhsan.

Insentif ini juga berlaku untuk rumah pemilik sepeda motor listrik. Namun terdapat perbedaan insentif, pada saat konsumen hendak menaikkan daya listrik rumah, PLN tidak membebaskan biaya tambah daya listrik. Sebagai gantinya, PLN hanya memotong biaya tambah daya listrik sebesar 75%. Menurutnya hal ini dikarenakan adanya perbedaan ukuran antara mobil dengan motor.

"Untuk sepeda motor juga kami diskon saat naikkan kapasitas, tapi 75 persen saja bukan free. Kenapa tidak sama karena motor listrik kan tidak besar," ungkapnya.


Diskon tarif listrik dan korting biaya tambah daya listrik ini berlaku hingga 31 Desember 2019. Jika memungkinkan diskon bakal diperpanjang hingga tahun depan.

"Tentu kami lihat nih bagaimana respons masyarakat. Kalau memang ternyata banyak yang respons ya perpanjang sampai tahun depan. Itu dukungan kami," ucap Ikhsan.

Artikel ini sebelumnya sudah tayang di CNN Indonesia dengan judul Diskon Tarif Listrik 30 Persen untuk Pemilik Mobil Listrik



Simak Video "Grab Masih Pertimbangkan Mitranya Gunakan Kendaraan Listrik"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com