Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 22 Okt 2019 17:44 WIB

Pipa Terbakar Dekat Proyek KCIC, Pertamina: Kami Sudah Minta Koordinasi

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Yudha Maulana Foto: Yudha Maulana
Jakarta - PT Pertamina (Persero) menyatakan lokasi kebakaran pipa di Tol Padalarang berdekat dengan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. Pertamina menyatakan telah meminta kontraktor proyek PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) berkoordinasi jika melakukan konstruksi di kawasan tersebut.

"Memang berdekatan dengan proyek tersebut, sudah beberapa waktu kami meminta pekerja proyek tersebut untuk berkoordinasi Pertamina apabila akan melakukan pekerjaan konstruksi atau apapun. Karena memang ada aturan zona aman untuk melakukan konstruksi sejauh mana jarak aman kegiatan konstruksi dari pipa tersebut," kata Unit Manager Communication & CSR PT Pertamina MOR III, Dewi Sri Utami kepada detikcom, Selasa (22/10/2019).

Tak secara detail, ia mengatakan, proyek kereta cepat dengan lokasi kebakaran sangat dekat.

"Dekat sekali, sangat dekat sekali," ujarnya.


Dia mengatakan, saat ini Pertamina sedang fokus memadamkan kebakaran. Sejalan dengan itu, pihaknya bersama Kepolisian sedang melakukan investigasi penyebab kebakaran.

Dewi juga tak tahu apakah proyek kereta cepat itu berhenti karena insiden ini.

"Saya kurang tahu proyek terhenti atau tidak, kami belum tahu. Kita fokus pemadaman saja, penyebab kita menunggu investigasi," ujarnya.


Sementara, dalam keterangan PT Jasa Marga (Persero) Tbk, kebakaran di tol disebabkan oleh bor yang mengenai pipa Pertamina.

"Hari ini pukul 14.00 WIB terjadi kebakaran di lokasi pekerjaan Kereta Cepat Jakarta Bandung PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) tepatnya di Km 130 Jalan Tol Padaleunyi arah Cileunyi. Kebakaran diakibatkan adanya bored pile PT KCIC yang mengenai pipa bahan bakar Pertamina yang menghubungkan Bandung-Cilacap," tulis keterangan tersebut.

Simak Video "Pipa Pertamina di Cimahi Terbakar Hebat, Tol Purbaleunyi Terdampak"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com