Tarif Listrik hingga Akhir 2019 Nggak Naik, Tahun Depan?

Trio Hamdani - detikFinance
Kamis, 24 Okt 2019 17:28 WIB
Petugas PLN mengcek meteran listrik/Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengungkapkan bahwa kebijakan tarif dasar listrik tidak akan naik hingga akhir 2019. Bagaimana dengan tahun depan?

Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana mengatakan bahwa belum ada keputusan untuk penyesuaian tarif listrik pada 2020. Yang dia bahas dalam konteks golongan pengguna listrik non subsidi.

"Bahwa itu kemudian (tarif listrik) akan dinaikkan atau tidak itu belum diputuskan," kata dia di kantornya, Jakarta Selatan, Kamis (24/10/2019).

Dia mengatakan, saat ini ada 38 golongan pelanggan listrik, 13 di antaranya bukan golongan yang mendapatkan subsidi atau dengan kata lain bisa terdampak penyesuaian tarif.


Hingga kini tarif listrik untuk golongan tersebut memang ditahan agar tidak naik. Tapi apakah tahun depan bakal naik, sejauh ini belum ditetapkan oleh pemerintah.

"(Tarif listrik) 13 (golongan) itu kemarin ditahan nggak boleh naik tidak dinaikkan, apa tahun depan dinaikkan? belum diputuskan," jelasnya.

Kebetulan Menteri ESDM di Kabinet Indonesia Maju masih baru. Dia menggantikan Ignasius Jonan. Berhubungan dengan itu pihaknya akan melaporkan lebih dulu ke menteri yang baru mengenai hal-hal yang menyangkut tarif listrik.

"Jadi belum ada rencana sama sekali. Malah kita baru akan, tadi saya bilang mau melaporkan ke Pak Menteri," tambahnya.



Simak Video "Ombudsman: Ada Tarif Listrik Warga yang Naik hingga 1.000%"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/hns)