Pengusaha Listrik Minta Erick Thohir Segera Tunjuk Bos PLN Definitif

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Minggu, 27 Okt 2019 14:25 WIB
Foto: Dikhy Sasra
Jakarta - Pengusaha listrik (independent power producer/IPP) tergabung dalam Asosiasi Produsen Listrik Swasta Indonesia (APLSI) meminta Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang baru Erick Thohir untuk segera menunjuk Direktur Utama PT PLN (Persero) definitif.

Direktur Eksekutif APLSI Rizal Calvary Marimbo mengatakan, PLN membutuhkan Direktur Utama yang definitif. Sebab, banyak keputusan-keputusan strategis PLN yang perlu segera diambil.

"Kalau Plt kan terbatas. Tidak bisa mengambil kebijakan apalagi keputusan strategis," katanya dalam keterangan tertulis, Minggu (27/10/2019).


Saat ini, pucuk pimpinan PLN dipegang Sripeni Inten Cahyani yang bertindak sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama. Menurutnya, PLN sudah terlalu lama dipegang oleh Plt.

"Kita berharap, beliau segera menunjuk Dirut PLN yang baru dan definitif. Sebab, sudah cukup lama, PLN dipimpin oleh pelaksana tugas (Plt). Bahkan sejak pertengahan tahun, sudah tiga pejabat pelaksana tugas yang ditunjuk yakni Muhamad Ali, Djoko R Abumanan, dan terakhir Sripeni Inten Cahyani," paparnya.

Rizal mengatakan, pihaknya siap bekerja sama dan membantu pimpinan PLN baru. Termasuk dengan Plt saat ini Sripeni Inten Cahyani apabila kemudian ditetapkan secara definitif memimpin PLN.

"Kita serahkan ke Pak Menteri saja. Siapa saja kita siap bermitra dan membantu," ucap dia.


Rizal menambahkan, pihaknya optimistis Erick Thohir mampu mensinergikan dunia usaha dan BUMN untuk menggairahkan investasi di dalam negeri.

"Beliau pernah jadi investor dan berasal dari private sector. Tentu beliau paham sekali bagaimana melakukan treatment agar BUMN kelistrikan mampu bersinergi dengan dunia usaha untuk menyukseskan program pemerintah," ujar Rizal.

Simak Video "Erick Thohir Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Pulih 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(das/das)