Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 29 Okt 2019 19:52 WIB

Nasib Proyek Kilang Aramco-Pertamina Diputus Desember

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Menteri BUMN Erick Thohir/Foto: Muhammad Ridho
Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir menargetkan kesepakatan pengembangan Kilang Cilacap antara PT Pertamina (Persero) dan Saudi Aramco berlangsung pada Desember 2019. Jika tidak, maka pemerintah akan mencari alternatif lain untuk pengembangan kilang ini.

Salah satu solusinya akan mencari mitra baru untuk Pertamina.

"Sampai Desember kita lihat, sepakat atau tidak. Kalau nggak kita cari alternatif lain," kata Erick usai rapat di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jakarta, Selasa (29/10/2019).

"Bisa cari partner lain juga, tapi kita usahakan yang sudah disepakati kedua negara," sambung Erick.

Dia menuturkan, saat ini tengah berlangsung perhitungan atau valuasi aset untuk pengembangan kilang ini.

"Saya masih menunggu itu (valuasi) selesai," tambahnya.


Erick menambahkan, saat ini baik Pertamina dan Saudi Aramco tengah melakukan penghitungan aset bersama. Sebelumnya, penghitungan aset ini dilakukan masing-masing pihak.

"Mereka sudah tunjuk juga valuation bersama, kalau dulu kan masing-masing menunjuk. Kalau masing-masing menunjuk kapan ketemunya," tuturnya.

Mengutip CNBC Indonesia, tarik ulur soal nilai investasi kilang Cilacap antara Pertamina dan Saudi Aramco masih alot. Kesepakatan untuk evaluasi nilai terus diperpanjang.Joint Venture Development Agreement (JVDA) antara Pertamina dengan Saudi Aramco mulanya akan berakhir di akhir Juni 2019. Namun kesepakatan ini diperpanjang sampai akhir September 2019. Setelah diperpanjang sampai September, JDVA kembali diperpanjang lagi sampai Oktober ini

Pertamina berharap kesepakatan dengan Saudi Aramco terkait valuasi proyek Refinery Development Master Plan (RDMP) Cilacap bisa segera rampung tahun ini. Direktur Utama Nicke Widyawati mengatakan negosiasi harga masih dilakukan dengan pihak Saudi Aramco.



Simak Video "Erick Thohir: Banyak Pihak Swasta Akali BUMN!"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com