Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 06 Nov 2019 21:30 WIB

Kabar Terkini 6 Kilang yang Dibangun Pertamina

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Halaman 1 dari 2
Foto: pertamina Foto: pertamina
Jakarta - PT Pertamina (Persero) tengah mengebut pembangunan 6 kilang. Dari 6 kilang, 4 di antaranya merupakan perluasan yakni Refinery Development Master Plan (RDMP) Balikpapan, Balongan, Cilacap dan Dumai.

Kemudian, dua sisanya merupakan kilang baru yakni Grass Root Refinery (GRR) Tuban dan GRR Bontang. Bagaimana progresnya?

Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia Pertamina Ignatius Tallulembang menjelaskan untuk RDMP Balikpapan saat ini sudah masuk progres konstruksi, di mana telah mencapai 9%. Angka ini lebih tinggi dibanding target Pertamina sebesar 6%.

"Balikpapan sudah konstruksi dan sampai dengan hari ini atau akhir bulan kemarin progres 9% vs 6% plan artinya lebih cepat dari rencana," kata Ignatius dalam acara Media Breafing Proyek Kilang Stretegis di Kantor Pusat Pertamina Jakarta, Rabu (6/11/2019).

Dia mengatakan, proyek ini bakal rampung pertengahan tahun 2023 mendatang. Lanjutnya, untuk memitigasi risiko, pihaknya akan menggandeng partner yang mana akan diumumkan pada 10 Desember 2019 mendatang bertepatan ulang tahun Pertamina.

"Saya belum omongkan di sini siapa. Salah satu kado Pertamina 10 Desember terpilihnya partner untuk Balikpapan," ujarnya.

Kedua, untuk RDMP Balongan saat ini tengah berlangsung lelang kontrak pembangunan. Rencananya, penandatangan kontrak juga akan dilakukan pada Desember mendatang.

"Balongan tahap 1 bisa selesaikan lebih cepat 2022 target bisa diselesaikan," terang Ignatius.

Ketiga, kilang yang sedang dikebut ialah Kilang Cilacap. Dia menjelaskan, saat ini tengah berlangsung proses pengadaan lahan yang hampir 100%.

Lanjutnya, masih ada bidang lahan yang masih menunggu penyelesaian di Mahkamah Agung (MA).

"Saat ini kita sudah menyelesaikan pengadaan lahan sudah 100%. Pengadaan lahan memang ada salah satu pemilik, memang satu dalam proses MA tapi keputusan MA itu menjadi keputusan bersama dan kita akan patuhi. Sehingga 100% yang akan dibangun RDMP bisa eksekusi," terangnya.

Buka halaman selanjutnya>>>> (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com