Kabar Terkini 6 Kilang yang Dibangun Pertamina

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Rabu, 06 Nov 2019 21:30 WIB
Halaman ke 2 dari 2
2.

Kilang Lainnya

Kabar Terkini 6 Kilang yang Dibangun Pertamina
Foto: pertamina

Lanjutnya, memang yang tengah menjadi topik hangat ialah mengenai kerja sama antara mitra yakni Saudi Aramco. Dia bilang, kerja sama ini masih dalam pembahasan terkait valuasi aset. Hasil valuasi aset ditargetkan keluar Desember 2019 ini.

"Kesepakatan valuasi tahun ini. Hasil valuasi Desember, itu aja deh bahasanya," katanya.

"Kerja sama Aramco harus karena sudah kesepakatan bahwa ada perubahan-perubahan itu teknis aja," tambahnya.

Keempat, RDMP Dumai rencananya akan dilakukan penandatangan frame work agreement pada 10 Desember mendatang. Kilang ini ditargetkan rampung pada tahun 2027.

"Untuk Dumai sudah lama sejak 2016 kita sudah pre FS. Tetapi waktu itu supaya prioritas tidak sekaligus kita masih simpan dulu, tapi Desember ini kita dorong kita laporkan pemeritah, kita diskusi calon partner dapat respon sangat baik," katanya.

"Target 10 Desember kita kado kelima kita tanda tangan frame work agreement. Kita akan lanjutkan studinya Dumai lebih detail mengenai konfigurasi, engineering sampai eksekusi target 2027 project ini kita selesaikan," ungkapnya.

Kelima, untuk GRR Tuban saat ini dalam tahap pengadaan lahan, di mana pengadaan lahan mencakup penggantian lahan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Ia menargetkan, kilang ini rampung tahun 2026.

Begitu juga dengan yang terakhir yakni GRR Bontang yang masih fokus pada pengadaan lahan. Kilang ini rencananya rampung tahun 2025.

"Bontang masih frame work agreement. Sekarang ini concern pengadaan lahan, ada LMAN lahan negara 14 ha kita coba tambah lahan masyarakat, izin RT RW sudah. Pekerjaan engineering berlangsung karena 100% dikerjakan partner. Kita mendapat golden share 10% dan Pertamina melakukan oftake poroduk tertentu yang kita butuhkan," tutupnya.

(dna/dna)
Halaman