Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 27 Nov 2019 20:45 WIB

Swasta Boleh Jual Avtur, ESDM: Mau Nggak di Pelosok?

Anisa Indraini - detikFinance
Foto: Tim Infografis: Andhika Akbarayansyah Foto: Tim Infografis: Andhika Akbarayansyah
Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menyatakan bahwa pasokan bahan bakar penerbangan (avtur) di Pertamina cukup banyak. Sehingga ia masih membahas apakah perlu pihak swasta masuk untuk menyediakan bahan bakar maskapai.

"Kita lagi bahas (avtur swasta). Pertamina juga cukup banyak," ujarnya di Gedung DPR RI, Rabu (27/11/201).

Arifin Tasrif menyebut, jika memang ada pihak swasta yang masuk untuk menyediakan avtur maka ia mempertanyakan apakah pihaknya mampu mencapai ke pelabuhan udara di pelosok seperti yang dilakukan Pertamina.

"Mau nggak (pihak swasta) main di pelosok-pelosok? Pertamina bisa mencapai ke seluruh pelabuhan-pelabuhan udara yang di pelosok-pelosok," pungkasnya.


Menurutnya, itulah salah satu yang membuat harga avtur di Pertamina tinggi. Jika ada pihak swasta yang masuk menyediakan bahan bakar untuk maskapai, ia berharap tidak hanya bermain di bandara-bandara utama saja.

Sebelumnya, Direktur Pemasaran Korporat Pertamina Basuki Trikora Putra mengatakan operator avtur swasta bebas masuk ke Indonesia. Hal tersebut sudah diatur oleh Badan Pengatur Hulu (BPH) Migas.

"Secara regulasi Indonesia ini terbuka sebetulnya, BPH Migas aturannya sudah membuka kesempatan. Asalkan bisa memenuhi syarat dari BPH untuk pasarkan avtur ke Indonesia," jawab Basuki.


Perlu diketahui, meskipun terbuka untuk operator lain, hingga kini hanya Pertamina saja yang layani distribusi avtur di Indonesia.

Simak Video "Swasta Produksi Avtur, Erick Thohir: Welcome Saja, Tapi..."
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com