Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 30 Nov 2019 13:00 WIB

Menanti Gebrakan Ahok Sikat Mafia Migas hingga Tekan Impor BBM

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: @aganharahap/ Instagram Foto: @aganharahap/ Instagram
Jakarta - Basuki Tjahaja Purnama dipercaya oleh Menteri BUMN Erick Thohir menjadi Komisaris Utama (Komut) PT Pertamina (Persero). Ada beberapa tugas yang akan diemban pria yang beken disapa Ahok itu selama menjadi Komut Pertamina.

Pengamat Ekonomi Energi UGM, Fahmy Rady menyebut ada beberapa tugas khusus yang harus dijalani Eks Gubernur DKI Jakarta. Salah satunya mendorong jajaran direksi melakukan perbaikan.

"Ahok diharapkan dapat melecut direksi untuk jalankan perbaikan di Pertamina, termasuk mengganyang mafia migas beserta sekutu internal," kata Fahmy saat dihubungi detikcom, Jakarta, Sabtu (30/11/2019).

Prioritas pertama Ahok untuk melecut direksi Pertamina, dikatakan Fachmy, adalah menurunkan defisit neraca migas, seperti yang diharapkan Jokowi. Caranya dengan menaikkan ekspor dan menurunkan impor Migas.


Dengan begitu, Ahok harus mendorong jajaran direksi Pertamina, pertama untuk meningkatkan investasi untuk penggunaan high technology dalam eksplorasi dan eksploitasi Migas untuk menaikkan produksi migas.

Kedua, menyelesaikan pembangunan kilang minyak untuk menurunkan impor BBM. Kalau tidak kunjung mendapatkan investor, Pertamina dapat membiayai dengan menerbitkan global bond.

Ketiga, mempercepat pengembangan EBT, dari B20 ke B30 dilanjut B100 untuk menurunkan impor solar dan avtur. Kerja sama dengan Eny Italia untuk hasilkan B100 dengan bahan baku sawit harus segera direalisasikan.

Keempat, secara sistemik dan terus menerus memaksa direksi memberantas mafia migas dan oknum internal yang menjadi sekutunya.

Kelima, pertemuan dengan Serikat Pekerja (SP) tidak mendesak, tapi perlu dilakukan. Pasalnya, SP tampaknya sudah bisa menerima Ahok sebagai Komut, bukan Dirut Pertamina.

Sementara itu, Ahok yang dimintai komentarnya soal gebrakannya di Pertamina, hanya menjawab singkat. "Nanti aja ceritanya. Terima kasih," ujar Ahok kepada detikcom, Sabtu (30/11/2019).


Menanti Gebrakan Ahok Sikat Mafia Migas hingga Tekan Impor BBM


Simak Video "Kabar Penolakan Jadi Bos Pertamina, Ahok: Hidup Gue Salah Melulu"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com