Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 03 Des 2019 13:55 WIB

Luhut Sebut Banyak Swasta yang Mau Jual Avtur di RI

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Tim Infografis: Andhika Akbarayansyah Foto: Tim Infografis: Andhika Akbarayansyah
Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan mendukung rencana masuknya pihak swasta yang mau menjual avtur selain Pertamina. Hal ini dilakukan agar harga avtur makin kompetitif.

Bahkan, Luhut berujar bahwa sebetulnya banyak operator berebut mau masuk pasar Indonesia. Meksipun enggan menyebutkan operator mana saja, Luhut memastikan bahwa pihaknya dan Kementerian Perhubungan akan menyeleksi operator-operator tersebut.

"Orang rebutan, banyak yang mau. Tinggal nanti Kementerian Perhubungan seleksi mana kira-kira yang memenuhi standar kita juga, ada lah pokoknya (yang mau masuk)," ucap Luhut usai hadiri Raker Kemenhub di Grand Mercure Kemayoran, Senin (3/12/2019).


Luhut mengatakan memang seharusnya bukan cuma satu operator saja yang melayani avtur nasional. Hal ini dilakukan agar tidak terjadinya monopoli.

"Nanti kita lihat. Paling tidak dua (operator) lah, jangan satu, jangan monopoli. Dimana-mana monopoli ndak bagus," ucap Luhut.


Sebelumnya, opsi memasukkan operator swasta ke dalam pasar avtur muncul saat Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta adanya rebalancing alias penyesuaian harga avtur ke Pertamina dan Kementerian BUMN. Budi Karya mengatakan, kalau penyesuaian tidak dilakukan opsi mengundang operator swasta akan dilakukan.

"Secara khusus kami sampaikan ke Kementerian BUMN sambil re-balancing kami sudah minta operator avtur lain untuk masuk. Jadi kalau tidak turun kami minta toleransi untuk yang lain masuk," ucap Budi Karya saat rapat bersama Komisi V DPR, Jakarta, Senin (25/11/2019).

Simak Video "Komentari Penusukan Wiranto, Luhut Pandjaitan: Jangan Dibesar-Besarkan"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com