Bukan Rudiantara, Erick Thohir Tunjuk Zulkifli Zaini Jadi Dirut PLN

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 24 Des 2019 11:00 WIB
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menunjuk Zulkifli Zaini menjadi Direktur Utama (dirut) PLN dan Amien Sunaryadi sebagai Komisaris Utama. Keduanya, resmi mengemban jabatan tersebut setelah disahkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang digelar di Kementerian BUMN kemarin (23/12/2019).

Terpilihnya Zulkifli Zaini menyisihkan Rudiantara yang selama ini digadang-gadang jadi calon terkuat dirut PLN. Kementerian BUMN sendiri menolak pernah memastikan mantan Menkominfo tersebut benar-benar akan jadi dirut PLN.

Dalam keterangan tertulisnya, Erick mengatakan pemilihan tersebut menimbang rekam jejak para direksi baru yang terpilih.

"Baik Pak Amien maupun Pak Zulkifli memiliki rekam jejak yang sangat baik, siap berkeringat dan berakhlak. Sama dengan Dirut dan Komut BUMN lainnya. Saya akan intens bertemu secara reguler setiap bulan untuk memastikan berbagai rencana besar yang menjadi prioritas Pemerintah," kata Erick.



Erick Thohir memaparkan PLN bakal memiliki tugas yang berat mulai dari merealisasikan rasio elektrifikasi di Indonesia hingga menciptakan tarif listrik yang efisien baik untuk masyarakat dan industri.

Selain itu, para pimpinan PLN ini juga ditugaskan untuk meningkatkan penggunaan energi baru terbarukan sebagai sumber listrik. Salah satu yang harus dipenuhi PLN adalah pemenuhan listrik ramah lingkungan di Ibu Kota Baru.

"PLN juga akan membentuk ekosistem bisnis yang sehat dengan swasta, BUMD dan BUMDes dalam memproduksi listrik. PLN akan fokus pada distribusi," tambah Erick.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Erick Thohir Ingin Gabungkan Data PLN dan Telkom untuk Penyaluran Bansos"
[Gambas:Video 20detik]