Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 24 Des 2019 13:30 WIB

Punya Dirut Baru, PLN Diminta Pengusaha Bisa Lebih Transparan

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Dirut PLN Zulkifli Zaini (kiri) dan Komisaris Utama PLN Amien Sunaryadi (kanan)/Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Zulkifli Zaini telah terpilih sebagai Direktur Utama PT PLN (Persero). Lalu eks Kepala SKK Migas, Amien Sunaryadi juga menjadi Komisaris BUMN listrik ini.

Para pengusaha menyambut kedua pimpinan pelat merah ini dengan harapan bisa membawa PLN menjadi lebih transparan dan profesional. Ketua Umum Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia Pandu P SJahrir mengungkapkan Zulkifli dan Amien merupakan kombinasi yang serasi untuk memimpin PLN.

"Kami sebagai pelaku di industri ini berharap dengan pengalaman pak Zulkifli sebagai profesional di Bank Mandiri dan pak Amien sebagai Wakil Ketua KPK dapat mendukung upaya PLN dalam meningkatkan profesionalisme dan transparansi perseroan," kata Pandu dalam keterangan tertulis, Selasa (24/12/2019).


Sementara ketua umum asosiasi produsen listrik swasta Indonesia (APLSI) Arthur Simatupang mengharapkan pimpinan baru PLN ini bisa membuat iklim investasi ketenagalistrikan yang makin kondusif. Harapannya pelaku usaha termasuk swasta dapat berperan mendukung PLN untuk meningkatkan rasio elektrifikasi di Indonesia.

"Dengan pengalaman Pak Zulkifli sebagai Direktur Utama Bank Mandiri, dan Pak Amien sebagai Wakil Ketua KPK, tentunya beliau berdua merupakan pasangan yang dinilai paling tepat untuk mendukung upaya PLN dalam meningkatkan kinerja, profesionalisme dan transparansi perusahaan," imbuh dia.

Selanjutnya, Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P Roeslani mengharapkan Zulkifli dan Amien bisa meningkatkan profesionalisme dan transparansi manajemen PLN sehingga memberikan dampak yang positif meningkatnya kualitas layanan dan performa PLN di waktu mendatang.

Sebagai pelaku usaha, menurut Rosan, Kadin Indonesia akan terus membina hubungan dan kerja sama yang baik dengan PLN untuk mewujudkan sinergitas yang akan membawa pertumbuhan ekonomi Indonesia ke arah yang semakin baik.



Simak Video "Zulkifli Zaini Jadi Dirut, Ini Susunan Direksi-Komisaris PLN"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com