BPH Migas Pantau PLTMG Maumere, Cek Kebutuhan BBM & Listrik Warga

Nurcholis Maarif - detikFinance
Rabu, 25 Des 2019 19:23 WIB
Foto: dok bph migas
Jakarta - BPH Migas melakukan monitoring ke Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Maumere. Monitoring ini dilakukan untuk sinergisitas antara kebutuhan BBM dan penyediaan listrik warga NTT di momen Natal dan Tahun Baru.

Manajer Unit Pelaksana Pembangkitan Flores Lambok Siregar menyampaikan PLTMG Maumere merupakan Pembangkit listrik dengan kapasitas 4 x 10 MW yang dapat menggunakan 2 sumber bahan bakar yaitu solar dan GAS.


Namun, dikarenakan storage LNG dan regasnya belum tersedia, maka sementara ini menggunakan sumber bahan bakar berupa solar. Sementara plan LNG akan mulai dibangun pada awal tahun 2020, perlu diketahui BPP dari solar sebesar Rp 2.800 per kWH dan ketika menggunakan LNG sebesar Rp 1.300 per kWH.

"Sementara itu masih terjadinya kekurangan pada sistem kelistrikan di Flores ini dikarenakan sistem transmisi yang belum terhubung seluruhnya (interkoneksi) sehingga PLTMG Maumere belum dapat beroperasi secara optimal dengan kapasitas terpasangnya," ucap Lambok dalam keterangan tertulis, Rabu (25/12/2019).

"Saat ini pembangkit tersebut hanya beroperasi sebesar 15 MW pada beban puncaknya dengan konsumsi BBM sebesar 54 ton per hari," imbuhnya.

Menanggapi hal tersebut, kepala BPH migas M. Fanshurullah Asa yang juga Ketua Posko Nasional Sektor ESDM menyampaikan agar PT Pertamina (Persero) dalam hal ini TBBM Maumere untuk menjaga ketersediaan pasokan BBM untuk PLTMG Maumere.


"Apabila terjadi keterlambatan atau kendala dalam penyaluran BBM diantisipasi dengan RAE agar tidak ada kondisi stok kritis sehingga pelayanan ke masyarakat tidak terganggu, terutama pasokan untuk pembangkit PLN saat perayaan Natal dan Tahun Baru," ucap

Ifan, sapaan akrab Kepala BPH Migas melakukan sinergisitas monitoring PLTMG didampingi Region Manager Retail Sales V PT.Pertamina (Persero) dan Kepala TBBM Maumere Adi Rahman.


BPH Migas Pantau PLTMG Maumere, Cek Kebutuhan BBM & Listrik Warga


Simak Video "Kepala BPH MIGAS Ajak Masyarakat Optimistis Sambut New Normal"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)