Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 31 Des 2019 13:58 WIB

Bayar Bensin Bisa Lewat HP, Apa Untungnya?

Anisa Indraini - detikFinance
Ilustrasi Transaksi Pembelian Bensin Bakal 100% Pakai Non Tunai (Foto: Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta - PT Pertamina (Persero) sedang gencar menerapkan digitalisasi pembayaran non tunai di setiap SPBU-nya. Seluruh SPBU bakal dilengkapi Electronic Data Capture (EDC) atau alat penerima pembayaran elektronik sehingga pembayaran bisa dilakukan menggunakan kartu debit atau dompet digital, seperti LinkAja.

Selain mempermudah pengawasan, penerapan transaksi elektronik saat pembelian BBM juga bisa memberikan keuntungan bagi konsumen.

Head of Corporate Communication LinkAja, Putri Dianita Ruswaldi menyebut konsumen akan dimudahkan dengan kerja sama antara Pertamina dan LinkAja untuk pembelian bensin. Pertama, konsumen tidak perlu membawa uang tunai saat membeli bensin.


Kedua, LinkAja akan memberikan keuntungan bagi konsumen yang menggunakan aplikasinya saat mengisi bensin. Salah satunya dengan menerapkan promo berupa cashback 25%. Namun promo ini hanya berlaku untuk pembelian BBM jenis Pertamax Series dan Dex Series.

"Cashback ini berlaku untuk pembelian Pertamax Series dan Dex Series. Jadi selain praktis, aman, nyaman, juga mendapatkan benefit tambahan," sebut dia saat dihubungi detikcom, Selasa (31/12/2019).

Dengan begitu, diharapkan dapat mempersingkat waktu pengisian dan transaksi BBM. Melalui LinkAja, sistem pembayaran bensin cukup scan QR Code yang tertera di mesin EDC yang ada di SPBU.

"Biasanya kita ngantri bukan hanya ngisi bensin aja di tangkinya tapi juga antre pembayaran. Dengan LinkAja itu tinggal scan QR code yang ada di EDC Pertamina, masukin nominal, sudah transaksi selesai nggak perlu nunggu kembalian," ungkapnya.


Dari 5.518 SPBU Pertamina yang tersebar di seluruh Indonesia, saat ini sudah 3.000 SPBU yang bisa menggunakan sistem pembayaran melalui LinkAja.

"Soon insyaAllah semuanya akan kita cover," tutupnya.

Simak Video "Mendagri Tito Usul Transaksi Nontunai di Lingkungan Pemerintahan"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com