Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 01 Jan 2020 10:00 WIB

Cakep! Beli Bensin Bisa Pakai Dompet Digital

Anisa Indraini - detikFinance
Ilustrasi/Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Jika beli bahan bakar minyak (BBM) atau bensin cuma bisa pakai uang tunai, ke depan sudah bisa non tunai. PT Pertamina (Persero) akan menerapkan transaksi non tunai di seluruh Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang dikelola oleh perusahaan pelat merah tersebut.

Menurut Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati setiap SPBU akan dilengkapi dengan Electronic Data Capture (EDC) agar pembayaran bisa dilakukan secara elektronik menggunakan kartu uang elektronik atau kartu debit dan kartu pembayaran lainnya.

Selain kartu, lanjut Nike, pembayaran non tunai bisa juga dilakukan melalui aplikasi dompet digital seperti LinkAja, e-payment dan bank yang bekerja sama dengan Pertamina.

"Ada LinkAja, e-payment dan kita sudah koordinasi dengan perbankan untuk support," ungkapnya di Gedung BPH Migas, Jakarta Selatan, Senin (30/12/2019).

Selain pembayaran non-tunai, data yang terekam dalam EDC juga bisa memberi gambaran siapa konsumen yang membeli BBM sehingga akan lebih mudah melakukan pengawasan dan seleksi siapa saja yang bisa membeli BBM bersubsidi.

"Kita akan mendorong menggunakan cashless payment untuk di seluruh transaksi SPBU," sebutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4


Simak Video "Mantul! Harga BBM Turun, Ini Daftarnya"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com