Hati-hati! Ini Antisipasi Bahaya Listrik Saat Banjir

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Rabu, 01 Jan 2020 10:30 WIB
Ilustrasi/Foto: Banjir di Jatibening Permai, Bekasi. (Andi Saputra/detikcom)
Jakarta - Hujan mengguyur Jakarta sejak tadi malam atau malam pergantian tahun 2020. Hujan yang tak kunjung berhenti itu membuat beberapa wilayah terendam banjir.

Saat banjir, ada banyak hal yang perlu diantisipasi, salah satunya mengenai listrik. Ada sejumlah tips yang bisa dilakukan untuk menghindari bahaya listrik saat banjir.

Pertama, matikan instalasi listrik dalam rumah. Kedua, cabut peralatan listrik yang masih tersambung dengan stop kontak.


Ketiga, simpan alat elektronik ke tempat yang lebih tinggi. Keempat, bila aliran listrik yang terkena banjir tidak padam maka harus segera hubungi contact center PLN di 123.

Kelima, hubungi instansi terkait penanggulangan bahaya banjir.

Sebagai catatan, PLN akan memadamkan listrik jika rumah pelanggan terendam air. Kedua, gardu distribusi terendam air.

"Beberapa tempat yang banjir memang listrik dipadamkan untuk keselamatan warga," kata Manager Komunikasi PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya, Dita Artsana kepada detikcom, Rabu (1/1/2020).

Setelah banjir surut, pastikan semua peralatan elektronik maupun instalasi dalam keadaan kering. Jadi, jangan buru-buru menyalakan peralatan elektronik usai banjir.


Penormalan listrik dapat dilakukan setelah instalasi dipastikan kering dan ada penandatanganan berita acara yang disaksikan Ketua RT/RW/tokoh masyarakat setempat.

Saat musim hujan juga masyarakat diminta untuk tidak berteduh di dekat instalasi kelistrikan seperti tiang, gardu, panel, JPU, dan lainnya. Kemudian jika akan melewati genangan, harus menggunakan sepatu boots yang kedap air agar terhindar dari risiko bahaya termasuk tegangan listrik bocor.

Selanjutnya, dalam kondisi basah gunakan sarung tangan karet jika ingin menyentuh instalasi kelistrikan. Jika ada instalasi kelistrikan yang berpotensi bahaya segera melaporkan ke PLN 123.

Hati-hati! Ini Antisipasi Bahaya Listrik saat BanjirFoto: Tersengat Listrik (Tim Infografis: Zaki Alfarabi)


Simak Video "Banjir Merendam Wilayah Tegal Parang, Warga Mengeluh"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)