Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 08 Feb 2020 12:00 WIB

4 Langkah Penting Supaya Nggak Tersetrum Saat Banjir

Soraya Novika - detikFinance
Tim Basarnas mengevakuasi warga menggunakan perahu karet saat banjir menggenangi Perumahan Jatibening Baru di Bekasi, Jawa Barat Sabtu (8/2/2020). Banjir setinggi 60 cm - satu meter tersebut disebabkan curah hujan tinggi dan luapan Kali Bekasi. ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah Foto: ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah
Jakarta -

Hujan deras yang kembali mengguyur Jakarta dan wilayah sekitarnya sejak hingga pagi tadi menyebabkan banjir di sejumlah titik. PLN pun memadamkan listrik di sejumlah wilayah demi keselamatan jiwa masyarakat.

"Sebanyak 128 gardu listrik terdampak, 37 gardu listrik sudah menyala dan 91 gardu listrik masih padam," ujar Manajer Komunikasi Perusahaan Listrik Negara Induk Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang (PLN Disjaya dan Tangerang) Dita Artsana kepada detikcom, Sabtu (8/2/2020).

Bagi masyarakat yang wilayah terendam banjir, ada beberapa hal penting yang perlu dilakukan, yaitu:

1. Matikan listrik dari Miniature Circuit Breaker (MCB)

2. Cabut seluruh peralatan listrik yang masih tersambung dengan stop kontak

3. Naikkan alat elektronik ke tempat yang lebih aman

4. Apabila aliran listrik di sekitar rumah belum padam, segera hubungi Contact Center 123 atau kantor PLN terdekat dan meminta untuk dipadamkan


Setelah banjir surut, pastikan semua alat elektronik dan jaringan listrik dalam keadaan kering.

"PLN juga memastikan semua jaringan distribusi listrik dalam keadaan kering dan aman untuk menyalurkan energi listrik," tutur Dita.

Sementara itu, sampai berita ini diturunkan, beberapa wilayah di Jakarta yang masih padam yaitu Pasar Minggu, Rawajati, Binawarga, Pengadegan, Pulo Gadung, Kayu Putih, Pulo Mas, Cempaka Putih, Kemayoran, Pulogadung, Condet, Tanah Rendah, Kampung Pulo, Teluk Permata, Bintara Jaya.



Simak Video "Jakarta Banjir Lagi, Anies Bertumpu Pada Air Laut"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com