Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 08 Feb 2020 18:02 WIB

Pesan Penting Buat Ahok Biar Nggak Disindir Komisaris Rasa Dirut

Hendra Kusuma - detikFinance
Ahok Berseragam Pegawai SPBU Karya Agan Harahap Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok/Foto: @aganharahap/ Instagram
Jakarta -

Komisaris Utama (Komut) PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok disindir oleh Andre Rosiade. Anggota Komisi VI DPR dari Fraksi Partai Gerindra itu menyindir Ahok lantaran menjabat sebagai komut namun bekerja serasa dirut.

Sindiran itu datang lantaran Eks Gubernur DKI Jakarta ini sering tampil dibandingkan Nicke Widyawati selaku Direktur Utama Pertamina. Agar tidak ada sindiran lagi, apa yang harus dilakukan Ahok?

Pengamat BUMN Said Didu mengatakan Ahok harus fokus menjalankan tugasnya sesuai aturan yang berlaku. Seperti memberikan rekomendasi hingga melakukan pengawasan terhadap kinerja jajaran direksi Pertamina.


"Kalau menurut saya, saya katakan fokus Ahok itu menjaga agar Pertamina diintervensi oleh penguasa. Jadi jangan masuk ke eksekusi," kata Said Didu saat dihubungi detikcom, Jakarta, Sabtu (8/2/2020).

Said Didu mengungkapkan ada beberapa pekerjaan yang harus dilakukan Ahok selain melawan intervensi dan pengawasan. Salah satunya adalah memberikan rekomendasi kepada jajaran direksi dalam menekan impor minyak dan gas (migas) yang selama ini menjadi biang kerok defisit neraca perdagangan.

Dikatakan Said Didu sebagai Komut, Ahok juga seharusnya tidak perlu banyak tampil di publik. Lantaran yang menjadi juru bicara untuk menjelaskan kinerja perusahaan adalah para jajaran direksi Pertamina.

"Itu arahan rekomendasi komisaris, jadi komisaris itu nggak boleh muncul. Pernah nggak komisaris BUMN tampil, contoh Tanri Abeng pernah muncul tidak? paling saat RUPS saja, komisaris nggak pernah muncul dan itu hanya pada saat RUPS," ungkap dia.



Simak Video "Kabar Penolakan Jadi Bos Pertamina, Ahok: Hidup Gue Salah Melulu"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com