Ahok Bikin Pertamina Transparan, Masyarakat Bisa Pantau Impor BBM

Hendra Kusuma - detikFinance
Rabu, 12 Feb 2020 15:26 WIB
Ahok ke Istana (Andhika Prasetia/detikcom)
Foto: Ahok (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Mulai sekarang masyarakat bisa ikut memantau langsung data impor bahan bakar minyak (BBM) PT Pertamina (Persero). Masyarakat bisa memantau melalui laman resmi perseroan di www.pertamina.com .

Informasi tersebut dibagikan oleh Komisaris Utama Pertamina, Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok melalui akun resmi Twitter-nya @basuki_btp.

"Mulai hari ini, akses Informasi operasional PT Pertamina (Persero) terkait pengadaan Crude, LPG dan BBM termasuk status kapal charter sudah dapat diakses melalui website resmi perseroan di www.pertamina.com," tulis dia dalam unggahannya, Rabu (12/2/2020).

Dalam link laman resmi Pertamina yang dibagikan oleh Ahok, masyarakat bisa melihat langsung produk yang diimpor seperti minyak mentah atau crude oil, bahan bakar minyak (BBM) hingga LPG. Masyarakat juga bisa melihat langsung di menu informasi pengadaan Pertamina.

Dalam menu tersebut ada tabel besar yang isinya data lengkap kegiatan impor Pertamina. Khusus untuk minyak mentah mulai dari kualitas produk, supplier, volume, hingga harganya dalam nominal dolar. Tercatat pada tahun 2019, total produk yang diimpor 87.063.238 barel (bbl) dengan nilai US$ 5,72 miliar.

Adapun Pertamina mengimpor minyak tersebut dari beberapa negara seperti Algeria, Nigeria, Arab Saudi, Australia, Malaysia, New Zaeland, Papua New Guine, Sudan, Vietnam, Uni Emirat Arab (UEA), Amerika Serikat (AS), hingga Norwegia.

Ahok Bikin Pertamina Transparan, Masyarakat Bisa Pantau Impor BBM

Selanjutnya
Halaman
1 2 3