Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 14 Feb 2020 07:49 WIB

Panja Dibentuk, Ini Bocoran RUU Minerba

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Sukses diresmikan hari ini, terminal batubara PLTU Jawa 7 akan beroperasi pada Oktober 2019 mendatang. Nantinya akan menerangi kebutuhan listrik Jawa-Bali. Panja Dibentuk, Ini Bocoran RUU Minerba. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Komisi VII DPR RI menggelar rapat kerja bersama Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang, Kamis kemarin (13/2/2020). Rapat ini membahas Rancangan Undang-undang (RUU) tentang perubahan UU No 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batu Bara (Minerba).

Adapun hasil rapat tersebut ialah, DPR dan pemerintah sepakat daftar inventarisasi masalah (DIM) revisi UU Nomor 4 Tahun 2009 dibahas selanjutnya oleh Panitia Kerja (Panja). Dalam rapat tersebut, DPR dan pemerintah juga telah sepakat membentuk Panja, baik dari pemerintah maupun DPR.

Demikian keputusan rapat yang dibacakan Ketua Komisi VII Sugeng Suparwoto selaku pemimpin rapat.

"Kita sudah jelas segala sesuatu terlebih khusus substansi belum disetujui dibahas lebih lanjut dalam rapat Panja," katanya di Komisi VII DPR RI, Jakarta, Kamis (13/2/2020).

"Dengan dibacakannya pimpinan dan anggota Panja baik Komisi VII dan pemerintah maka dengan ini Panja RUU Minerba dinyatakan dibentuk," lanjut Sugeng.

Anggota Komisi VII DPR RI Fraksi Golkar Ridwan Hisjam meminta agar pembasahan RUU Minerba dilakukan dengan cepat. Ia mengusulkan RUU ini dibahas pada Senin pekan depan. Usulan ini pun disetujui pimpinan rapat.

"Saya mengusulkan agar dalam forum ini kita juga menentukan kapan pembahasannya saya mengusulkan hari Senin," kata Ridwan.

"Maka kita agendakan hari Senin dimulai, diketok juga," timpal Sugeng.

Apa saja isu penting RUU Minerba?

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Tipe Pebisnis di Masa Pandemi Corona Versi Ganjar Pranowo"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com