Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 17 Feb 2020 14:36 WIB

Warga Kab Bandung Bisa Isi Bensin Self Service dan Bayar Nontunai

Angga Laraspati - detikFinance
pertamina Foto: pertamina
pertamina Foto: pertamina
Jakarta -

PT Pertamina (Persero) memperluas SPBU layanan mandiri (self service) untuk kendaraan roda dua di wilayah Kabupaten Bandung, yakni SPBU 34.40316. Sebelumnya, layanan mandiri telah diterapkan di SPBU 34.40122 Kota Bandung. Selain itu, Self Service juga sukses berjalan di beberapa SPBU di Tangerang, Jakarta serta SPBU Rest Area KM 57 Karawang.

SPBU 34.40316 yang terletak di Jalan Raya Banjaran, Kecamatan Baleendah ini membuat pemotor dapat mengisi BBM-nya sendiri dengan mengikuti petunjuk praktis yang telah disediakan oleh pihak SPBU serta operator.

Unit Manager Communication Relations & CSR Pertamina Marketing Operation Region (MOR) III Dewi Sri Utami mengatakan program layanan mandiri pengisian BBM ini ditujukan untuk mengurangi antrean di SPBU serta mengoptimalkan kinerja operator. Untuk caranya pun, menurut Dewi, cukup mudah.

"Cara pengisiannya juga cukup mudah. Setelah konsumen membayar di loket yang tersedia, konsumen akan dapat struk. Konsumen dapat langsung scan struk di dispenser, dan ini akan mengaktifkan nozzle untuk konsumen melakukan pengisian BBM," jelas Dewi dalam keterangan tertulis, Senin (17/2/2020).

Dewi menjelaskan di tahap uji coba layanan mandiri untuk kendaraan roda 2 ini, terdapat 2 unit dispenser yang dilengkapi dengan 8 buah nozzle dan dalam waktu dekat untuk kendaraan roda empat juga dapat mengisi self service.

Dewi menambahkan, upaya lain Pertamina dalam digitalisasi SPBU adalah transaksi pembayaran nontunai. Menurutnya, pembayaran nontunai ini dilakukan baik dengan fasilitas perbankan seperti kartu debit maupun kredit, serta melalui aplikasi MyPertamina yang terintegrasi dengan LinkAja. Dari 5.735 SPBU Pertamina, kini telah tersedia sekitar 2.260 SPBU yang sudah terkoneksi dengan MyPertamina.

Untuk mendukung skema pembayaran nontunai ini, Pertamina pun turut mengadakan program Berbagi Berkah My Pertamina. Program undian ini akan berhadiah senilai miliaran rupiah berupa mobil Porsche Boxster, motor BMW, motor Ducati, motor Triumph, paket wisata religi, paket wisata ke Eropa, dan emas batangan

Dewi menambahkan program BBM 2020 sebagai bentuk apresiasi kepada konsumen yang telah setia menggunakan produk-produk Pertamina. Program ini berlaku untuk semua produk terutama produk nonsubsidi seperti Pertamax Series, Dex Series, LPG Non Subsidi seperti Bright Gas 5,5kg, Bright Gas 12 kg, dan LPG 12 kg, Pelumas Fastron Series, dan Enduro Series.

"Cara ikut program Berbagi Berkah MyPertamina 2020 sangat mudah. Hanya dengan mengunduh aplikasi MyPertamina dan menggunakan aplikasi dalam setiap pembelian produk Pertamina. Nantinya, pelanggan dapat mengakumulasi poin dan berkesempatan mendapat berbagai hadiah menarik," ungkap Dewi.

Program BBM berlaku di seluruh wilayah Indonesia, mulai 1 Februari hingga 15 November 2020. Sementara hadiah akan diundi dalam 2 tahap yakni pada Juni 2020 dan akhir tahun 2020.



Simak Video "Jurus Ahok Tangkal KKN di Pertamina: Semua Harus Ditransparankan!"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/mpr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com