Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 25 Feb 2020 10:52 WIB

Perhatian! Ini Tips Biar Tak Tersengat Listrik saat Banjir

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Warga melintasi banjir di RT 10 RW 05 Kelurahan Rawa Terate, Cakung, Jakarta Timur, Senin (24/2/2020). Banjir dikawasan ini sudah melanda sejak minggu 23 Februari hingga kini belum surut. Kemarin ketinggian air mencapai 2,5 m dan hari ini masih mencapai 60 cm. Menurut salah satu warga Sri Aminah hingga hari ini mereka belum mendapat bantuan dan mereka membutuhkan air bersih dan makanan. listrik dikawasan ini pun padam. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Sejumlah listrik dipadamkan sementara di wilayah terdampak banjir. Pemadaman dilakukan untuk menjaga keselamatan warga agar terhindar dari bahaya arus listrik.

PT PLN (Persero) memberi imbauan kepada warga yang wilayahnya mulai tergenang air. Imbauan diberikan agar bisa terhindar dari bahaya arus listrik, yakni:

1. Matikan listrik dari Meter Circuit Breaker (MCB)
2. Cabut seluruh peralatan listrik yang masih tersambung dengan stop kontak
3. Naikkan alat elektronik ke tempat yang lebih aman
4. Apabila aliran listrik di sekitar rumah belum padam, segera hubungi Contact Center 123, aplikasi PLN Mobile atau Kantor PLN Terdekat meminta untuk dipadamkan.

Executive Vice President Corporate Communication danCSRPLN, I MadeSuprateka mengungkapkan ketika banjir sudah surut, sebelum menyalakan aliran listrik, PLN perlu memastikan bahwa gardu, jaringan, dan instalasi pelanggan aman.

PLN melakukan inspeksi, pembersihan, pengeringan, dan pengecekan gardu distribusi yang terkena dampak banjir. PLN akan menyalakan aliran listrik setelah penandatanganan berita acara dengan Ketua RT/RW atau tokoh masyarakat setempat yang menyatakan instalasi listrik di rumah warga aman.

"Sebelum menyalakan listrik di rumah, warga juga harus berhati-hati, pastikan peralatan listrik di rumah sudah bersih dan kering sebelum digunakan, karena ini juga berpotensi menyebabkan tersetrum," jelas Made.

Untuk yang wilayahnya masih mengalami pemadaman, PLN juga mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dalam menggunakan genset.

"Mungkin masyarakat sangat ingin menyalakan listrik, karena listrik PLN belum aman untuk dinyalakan, warga menggunakan genset karena merasa rumahnya sudah aman dari banjir. Padahal instalasi listriknya masih belum aman, ini juga harus diperhatikan, karena berpotensi tersetrum," pungkas Made.



Simak Video "Naik Perahu, Bos PLN Inspeksi Listrik Daerah Banjir Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com