Minyak Dunia Anjlok, Harga-harga Produk Bisa Ikut Turun?

Trio Hamdani - detikFinance
Rabu, 11 Mar 2020 15:43 WIB
Harga Minyak Anjlok
Foto: Reuters
Jakarta -

Harga minyak mentah dunia mengalami penurunan yang sangat dalam pada perdagangan Senin (9/3). Bahkan penurunan harga minyak mentah jadi yang terbesar dalam sehari sejak 1991.

Menurut Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita, hal itu memberikan keuntungan untuk sektor industri dalam negeri. Dia menjelaskan penurunan harga minyak tentunya akan mengurangi biaya produksi industri. Ujung-ujungnya harga produk yang dihasilkan bisa turun.

"Kan kalau minyak sebagai bagian dari proses produksi kalau dia turun, (produk yang dihasilkan) harganya turun," kata Agus di kawasan Cikarang, Jawa Barat, Rabu (11/3/2020).

Otomatis kondisi tersebut akan membuat daya saing industri dalam negeri meningkat.

"Jadi sebetulnya kalau dalam konteks industri ya, jadi sebetulnya harga minyak yang turun kalau dia sebagai basis energi, itu akan membuat daya saing industri itu semakin baik karena harga dari energi itu murah. Tapi catat, ini dalam konteks industri," jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, produsen farmasi ikut diuntungkan dengan anjloknya harga minyak. Bos Dexa Group Ferry Soetikno menjelaskan kondisi tersebut akan membuat harga pokok penjualan (HPP) obat-obatan ikut turun.

"(Imbas harga minyak turun) kalau memang harga di-charge kita turun, HPP kita akan turun," tambahnya.

Sebagai informasi, harga minyak mentah dunia mengalami penurunan yang sangat dalam pada perdagangan Senin. Bahkan penurunan harga minyak mentah jadi yang terbesar dalam sehari sejak 1991.

Melansir CNN Business, Selasa (10/3/2020), kejatuhan harga minyak dunia disebabkan keputusan Arab Saudi yang mencengangkan. Negara produsen minyak terbesar itu menyatakan 'perang harga' dengan Rusia. Harga minyak AS tercatat turun 34% ke level terendah dalam empat tahun ke posisi US$ 27,34 per barel.



Simak Video "Harga Minya Dunia Anjlok, Jokowi: Manfaatkan Peluang Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/eds)