Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 13 Mar 2020 15:53 WIB

BPH Migas Dukung BUMD di Palembang Kembangkan Jaringan Gas

Abu Ubaidillah - detikFinance
BPH Migas Foto: Dok. BPH Migas
Jakarta -

Kepala BPH Migas M. Fanshurullah Asa melakukan kunjungan ke Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemkot Palembang PT. Sarana Pembangunan Jaya (SP2J). Kedatangannya untuk berdiskusi terkait pengembangan jaringan gas di Kota Palembang.

Pihaknya mendukung PT. SP2J sebagai BUMD untuk mengembangkan jaringan gas di Kota Palembang. Ini agar ketahanan energi di Kota Pempek tersebut terjamin dan juga turut menjamin ketahanan energi nasional. Selain itu upaya ini pun untuk mempercepat terwujudnya diversifikasi serta mendorong penyediaan energi secara mandiri di Palembang.

"Dengan Peraturan Presiden nomor 6 tahun 2019 tentang Penyediaan dan Pendistribusian Gas Bumi Melalui Jaringan Transmisi dan/atau Distribusi Gas Bumi Untuk Rumah Tangga dan Pelanggan Kecil, BPH Migas mendukung penuh PT. SP2J sebagai BUMD untuk berperan serta dalam mewujudkan terjaminnya ketahanan energi nasional dan mempercepat terwujudnya diversifikasi energi serta mendorong terwujudnya penyediaan energi secara mandiri di kota Palembang," ujar M. Fanshurullah dalam keterangan tertulis, Jumat (13/3/2020).

Ia melanjutkan, BUMD telah diberi ruang untuk ikut berpartisipasi dalam penyediaan dan pendistribusian gas bumi untuk rumah tangga dan pelanggan kecil melalui pembangunan jaringan gas rumah tangga dengan pola investasi dan tidak menggunakan dana APBN.

Dia menilai, PT. SP2J telah memiliki pengalaman sebagai pengelola jaringan gas rumah tangga dan diharapkan dapat menjadi tuan rumah dalam pengelolaan jaringan gas rumah tangga di Sumatera Selatan.

Di sisi lain, pemerintah Kota Palembang juga berharap agar PT. SP2J dapat menjadi contoh BUMD yang dapat melakukan penyediaan dan pendistribusian gas bumi untuk rumah tangga dan pelanggan kecil dengan baik dan profesional.

Dalam kunjungan yang dilakukan Kamis (12/3), Kepala BPH Migas didampingi oleh Kasie Pengawasan Usaha Gas Bumi Taufiqurrohman dan diterima oleh Direksi PT SP2J yaitu Direktur Operasional Bapak Anthoni Rais dan Bapak Sumirin selaku Direktur Keuangan.

(prf/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com