Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 13 Mar 2020 23:00 WIB

Mantul! Warga Surabaya Segera Nikmati Listrik dari Sampah

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Pemerintah Kota Bekasi melakukan uji coba Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) TPA Sumur Batu. Teknologi itu disebut dapat mengolah sampah menjadi energi listrik. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Warga Surabaya akan menikmati listrik dari sampah. Sebab, Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) Benowo di Surabaya, Jawa Timur akan beroperasi.

Mengutip website Kementerian ESDM, Jumat (13/3/2020), Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Hendra Iswahyudi baru saja meninjau proyek PLTSa tersebut. Dalam kunjungan itu, ia mengatakan, Surabaya merupakan satu dari 12 kota yang masuk dalam program percepatan pembangunan PLTSa melalui Perpres 35/2018.

"PLTSa Benowo berkapasitas 9 MW diharapkan segera dapat diselesaikan dan dapat dioperasikan sehingga dapat menjadi contoh bagi implementasi Perpres di 11 kota yang lain," kata Hendra.

Dirut PT Sumber Organik, Agus Nugroho Santoso selaku pengembang menyampaikan PLTSa berkapasitas 9MW ini telah selesai dibangun dan saat ini tengah memasuki tahap akhir yaitu pengujian, pengetesan individual peralatan dan sistem sebelum dioperasikan. PLTSa ini diharapkan bisa memasok listrik untuk warga Surabaya dan sekitarnya sebelum tengah tahun.

Sementara, GM PLN Distribusi Jawa Timur Bob Saril menyatakan, PLN siap menerima listrik yang dihasilkan oleh PLTsa Benowo berkapasitas 9MW ini. Infrastruktur seperti jaringan 20kV telah disiapkan di daerah tersebut sehingga saat beroperasi nanti, PLTSa Benowo dapat menjadi solusi permasalahan sampah di Kota Surabaya dan sekitarnya.



Simak Video "Masih Terbatas, Mitra Terbaik Bisa Kemudikan Kendaraan Listrik Grab"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com