Jendela Rumah Bisa Disulap Jadi Penghasil Listrik Lho

Aulia Damayanti - detikFinance
Selasa, 31 Mar 2020 11:11 WIB
Ubiquitous Energy ClearView Power Windows
Foto: Dok. Ubiquitous Energy
Jakarta -

Startup yang berbasis di Redwood City, California, Ubiquitous Energy telah mengembangkan sel surya transparan untuk membuat ClearView Power Windows, sejenis 'kaca surya' yang dapat mengubah sinar matahari menjadi energi listrik tanpa memerlukan panel surya.

Pendiri dan Kepala Ubiquitous Energy, Miles Barr berharap teknologi ini dapat mengubah hampir semua permukaan kaca di kehidupan sehari-hari menjadi panel surya baru.

"Ini dapat diterapkan pada jendela gedung pencakar langit, kaca di mobil, kaca di iPhone," jelas Miles Barr, dilansir dari CNN Business, Selasa (31/3/2020).

Ubiquitous Energy ingin mengembangkan energi terbarukan di Amerika Serikat (AS) melalui energi matahari dan angin yang penggunaannya diprediksi akan melampaui batu bara pada 2021.

Sementara beberapa perusahaan lain juga sedang mengerjakan produk serupa, namun teknologinya masih dalam tahap yang relatif awal.

ClearView Power Windows ini adalah salah satu dari beberapa penemuan yang memanfaatkan energi matahari, pompa irigasi, dan tenaga mesin pembuat semen dan baja yang diproduksi akan menghasilkan tenaga listrik.

Inti dari produk ini adalah dari perwanaan organik pada permukaan kaca. Perwarnaan ini mungkin akan terlihat bahwa sinar matahari melewati permukaan kaca. Tetapi sebenarnya kaca menangkap sinar infra merah yang tak terlihat dari sinar matahari dan output-nya akan mengubah cahaya menjadi tenaga listrik.

"Pewarna penyerap cahaya ditemukan di sekitar kita. Ada dalam cat, pigmen untuk pakaian, dan mereka bahkan di perangkat elektronik. Yang kami lakukan adalah merekayasa pewarna-pewarna itu untuk secara selektif menyerap cahaya inframerah dan juga mengubah cahaya itu menjadi listrik," jelas Barr.


Barr mengatakan panel transparan Ubiquitous Energy dapat menghasilkan hingga dua pertiga dari energi yang dihasilkan panel tradisional. Namun, penggunaan produk jendela surya penghasil listrik ini akan lebih mahal 20% dari energi biasa.

Perusahaan menginginkan jendela surya ini untuk melengkapi panel atap tradisional. Kombinasi kedua metode, menurut Barr, dapat membawa konsumsi energi penghasil listrik sebanyak yang kita inginkan.

Ubiquitous Energy telah mulai memasang ClearView Power Windows di kantor pusatnya di Redwood City di mana ia memproduksi panel kaca.

"Kami sudah menginstal dan menjual ClearView Power Windows dalam ukuran terbatas, dan kami sedang dalam tahap perencanaan untuk fasilitas yang kami buat akan menghasilkan windows pada ukuran berapa pun," kata Barr.


Namun, pandemi virus corona telah memaksa rencana produksi perusahaan untuk dilakukan dari jarak jauh.

"Masih agak dini untuk mengetahui apa dampak penuh dari pandemi global itu, termasuk untuk bisnis kami," kata Barr,

Barr menambahkan bahwa ia masih optimistis akan dapat memulai kegiatan manufaktur dalam dua tahun ke depan.



Simak Video "Bakal Hapus Impor BBM, Prabowo-Sandi Siapkan Bioenergi"
[Gambas:Video 20detik]
(ang/ang)