Tagihan Listrik Mau Digratiskan 3 Bulan, Rizal Ramli Puji Pemerintah

Anisa Indriani - detikFinance
Selasa, 31 Mar 2020 20:00 WIB
Rizal Ramli
Foto: Faiq Azmi
Jakarta -

Pemerintah bakal menggratiskan tarif listrik bagi pelanggan golongan 450VA dan pelanggan 900VA akan diberikan diskon tarif sebesar 50% dengan masa pemberlakuan yang sama. Aturan tersebut akan berlaku mulai April-Juni 2020 mendatang.

Kebijakan itu langsung diapresiasi oleh Ekonom Senior Rizal Ramli (RR). Menurutnya, keputusan pemerintah ini akan sangat membantu golongan menengah ke bawah.

"RR memuji pembebasan biaya listrik 3 bulan untuk 24 juta pelanggan listrik 450VA, dan diskon 50% untuk 7 juta pelanggan 900VA bersubsidi. Ini sangat membantu golongan menengah bawah," kata Rizal dalam keterangannya, Selasa (31/3/2020).

Meski begitu, ia nampak kecewa dengan pemerintah yang lebih memilih melebarkan defisit APBN menjadi 5,07% ketimbang mengalihkan dana infrastruktur untuk menanggulangi dampak virus corona.

"Ketimbang melakukan realokasi anggaran radikal (hentikan sementara semua proyek-proyek infrastruktur, termasuk ibu kota baru), pemerintah bermaksud menambah defisit anggaran dari 3% ke 5% GDP. Dengan cara menambah utang lagi dan/atau 'cetak uang' dengan bungkus recoverybond. Nilai rupiah akan semakin jatuh," ucapnya.



Simak Video "Hore! Tarif Listrik Per Oktober Turun Rp 22,58/kWh"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)