Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 04 Apr 2020 07:30 WIB

Penjelasan Lengkap Listrik Gratis 3 Bulan

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Presiden Jokowi melakukan penyambungan listrik gratis ke 309 rumah warga di Muara Gembong, Bekasi. Ia pun turun langsung memasangkan listrik di 4 rumah warga. Foto: Dok. PLN
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengumumkan langkah yang diambil pemerintah untuk menangani dampak yang ditimbulkan dari corona (COVID-19). Sekian kebijakan sudah dikeluarkan, salah satunya membebaskan biaya tarif listrik alias gratis.

Jokowi mengatakan, pemerintah menetapkan pelanggan listrik di golongan 450 VA akan digratiskan tagihan bulannya. Jumlah pelanggan listrik ini diperkirakan mencapai 24 juta pelanggan.

"Tentang tarif listrik, perlu saya sampaikan untuk pelanggan listrik 450 VA yang jumlahnya sekitar 24 juta pelanggan akan digratiskan," tuturnya dalam konferensi pers melalui virtual, Selasa (30/3/2020).

Pembebasan tarif listrik untuk golongan pelanggan 450 VA itu akan berlaku untuk tagihan pada bulan April, Mei hingga Juni 2020.


Selain itu pemerintah juga memberikan relaksasi untuk pelanggan 900 VA. Golongan itu akan diberikan diskon membayar tagihan sebesar 50% dengan masa pemberlakuan yang sama.

"Sedangkan pelanggan 900 VA jumlahnya 7 juta pelanggan akan didiskon 50%. Artinya bayar separuh untuk April, Mei dan Juni 2020," kata Jokowi.

Sebagai penegasan, pemerintah hanya memberikan keringanan biaya listrik untuk golongan 450 VA dan 900 VA tiga bulan ke depan. Untuk pengguna di luar golongan tersebut belum ada keringanan yang ditetapkan.

Lalu, bagaimana skema perhitungan keringanan biaya bagi pelanggan prabayar alias pengguna token listrik? Langsung klik halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com