Imbas Corona, PLN Tunda Pembangunan Pembangkit Listrik

Trio Hamdani - detikFinance
Kamis, 16 Apr 2020 12:45 WIB
Gardu listrik PLN
Ilustrasi/Foto: Eko Susanto/detikcom
Jakarta -

PT PLN (Persero) menunda pembangunan proyek kelistrikan imbas pandemi virus Corona (COVID-19). Proyek yang ditunda meliputi pembangkit, transmisi, hingga gardu induk yang tidak terlalu menjadi prioritas.

Hal itu disampaikan oleh Dirut PLN Zulkifli Zaini dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VI DPR RI secara virtual.

"Proyek yang secara prioritas masih dapat ditunda penyelesaiannya akan dilakukan penundaan dengan mitigasi yang baik sehingga tidak berdampak signifikan terhadap sistem kelistrikan," kata dia Kamis (16/4/2020).

Namun untuk proyek kelistrikan dengan prioritas tinggi didorong agar tetap berjalan dengan menyediakan anggaran sesuai kebutuhan sehingga bisa selesai pada tahun 2020.

Dia tak menampik jika COVID-19 telah memberikan dampak terhadap proyek, pemasok, dan pelanggan sehingga PLN perlu melakukan penyesuaian.

Pihaknya harus meninjau kembali rencana investasi proyek-proyek kelistrikan dengan menyesuaikan proyeksi pertumbuhan beban dan kondisi terkini.

"Investasi pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan skala besar baik pembangkit, transmisi dan gardu induk dilakukan dengan skala prioritas serta memperhatikan urgensinya," tambahnya.



Simak Video "Ini Penjelasan PLN soal Tarif Listrik"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/eds)