Yuk Dilihat, Begini Simulasi PLN soal Tagihan Listrik Bengkak

Anisa Indraini - detikFinance
Kamis, 07 Mei 2020 10:30 WIB
Subsidi Listrik
Foto: Tim Infografis, Mindra Purnomo
Jakarta -

PT PLN (Persero) memastikan tarif dasar listrik seluruh golongan tidak naik, termasuk daya 900 Volt Ampere (VA) Rumah Tangga Mampu (RTM) dan di atasnya. PLN memberikan ilustrasi bagaimana perhitungan tarif listrik di bulan April sehingga terjadi pembengkakan.

Executive Vice President Corporate Communication PLN, I Made Suprateka, menjelaskan penerapan Work From Home (WFH) dilakukan sejak dua minggu terakhir di bulan Maret. Di situ menurutnya mulai terjadi lonjakan konsumsi listrik rumah tangga tanpa disadari.

Namun pemakaian listrik di bulan Maret hanya dihitung PLN berdasarkan rata-rata pemakaian listrik selama tiga bulan terakhir, kekurangan konsumsinya belum ikut dihitung.

Misal, rata-rata penggunaan listrik di bulan Desember-Januari-Februari 50 kWh. Namun karena ada WFH di bulan Maret, konsumsi listrik naik menjadi 70 kWh. Tapi PLN menghitungnya masih berdasarkan rata-rata konsumsi yakni 50 kWh, tagihan 20 kWh-nya lagi tidak dihitung di rekening bulan Maret.

"Karena protokol COVID-19 kita menggunakan rata-rata yang 3 bulan tadi. Jadi real konsumsinya mereka adalah 70 kWh tapi kita mem-billing dengan catatan 50 kWh. Berarti ada 20 kWh yang belum tertagih," kata Made melalui telekonferensi, Rabu (6/5/2020).

Nah 20 kWh-nya itu dimasukkan dalam konsumsi bulan April. Ditambah konsumsi listrik di bulan April yang tanpa disadari membengkak karena satu bulan full WFH, katakanlah menjadi 90 kWh. Dalam kata lain pelanggan harus membayar tagihan dengan pemakaian 110 kWh di rekening bulan Mei.

"Di sana tercatat 90 kWh plus 20 kWh yang carrying over (terbawa) dari bulan Maret. Jadi sudah jelas akan muncul tagihan sebesar 110 kWh seolah-olah konsumsinya naik di situ padahal tidak semua naik di situ, ada kontribusi pengeluaran di bulan Maret," ujarnya.

Simulasi Tagihan ListrikSimulasi Tagihan Listrik Foto: Dok. PLN

Sedangkan untuk hitung-hitungan tagihan listrik yang turun, klik halaman selanjutnya.

Corona menguasai bumi akibatkan sejumlah hewan bebas keluar

Selanjutnya
Halaman
1 2