UU Minerba Sudah Direvisi, Ini Deretan Pasal yang 'Mencurigakan'

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Rabu, 13 Mei 2020 05:30 WIB
Tambang Batu Hijau PT Newmont terletak di Nusa Tenggara Barat (NTB). detikcom berksempatan melihat dari dekat proses penambangan tembaga, emas dan perak di Sumbawa, NTB, tersebut,Rabu, (29/06/2011). file/detikfoto
Ilustrasi Foto: Dikhy Sasra
Jakarta -

Rancangan Undang-undang (RUU) tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 4 tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara (Minerba) akhirnya disahkan menjadi Undang-undang (UU).

Pengesahan RUU Minerba menjadi UU berlangsung di DPR, Senayan, Jakarta, Selasa kemarin (12/5/2020). Penetapan RUU Minerba menjadi UU dilakukan oleh Ketua DPR Puan Maharani.

Sebelum penetapan, Ketua Komisi VII Sugeng Suparwoto memberi laporan pembahasan RUU tersebut. Kemudian, regulasi tersebut disahkan.

"Apakah RUU Minerba dapat kita setujui menjadi Undang-undang?" tanya Puan yang kemudian dijawab setuju oleh anggota DPR yang hadir dalam rapat paripurna.

Dalam UU yang baru ini terdapat sejumlah perubahan yakni adanya penambahan 2 bab baru sehingga menjadi 28 bab. Kemudian, terjadi perubahan 83 pasal, 52 pasal baru dan sebanyak 18 pasal dihapus. Total pasal dalam UU ini menjadi 209 pasal.

Apa saja pasal yang 'mencurigakan'?

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Pemerintah Jamin Tarif Listrik Tak Naik Hingga Akhir Tahun"
[Gambas:Video 20detik]