Cara Mudah Dapat Listrik Gratis Mei-Oktober

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 15 Mei 2020 07:29 WIB
Warga memasukkan pulsa token listrik di tempat tinggalnya, di Jakarta, Selasa (1/4/2020). Dampak penyebaran pandemi virus COVID-19, Pemerintah mmenggratiskan pembayaran listrik bagi 24 juta masyarakat miskin, untuk pelanggan berdaya listrik 450 VA gratis biaya listrik selama 3 bulan (April-Juni 2020) sedangkan bagi pelanggan dengan daya 900 VA bersubsidi akan diberikan diskon 50 persen. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/foc.
Foto: ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI
Jakarta -

Pemerintah memberikan keringanan biaya listrik kepada masyarakat melalui PT PLN (Persero), stimulus ini diberikan pemerintah untuk meringankan dampak ekonomi masyarakat akibat wabah virus corona.

Setidaknya sejak April lalu stimulus ini sudah berjalan, PLN memastikan bahwa stimulus listrik COVID-19 bulan Mei akan tetap diberikan kepada masyarakat.

Bagi pelanggan pascabayar, listrik gratis dan diskon listrik langsung mengurangi tagihan rekening listrik bulan Mei. Sementara untuk 11,8 juta pelanggan prabayar, token listrik bisa didapatkan di website PLN.

"Kami mengimbau seluruh pelanggan prabayar yang berhak mendapatkan stimulus ini dapat mengambil tokennya melalui website ataupun layanan WhatsApp yang telah disediakan," jelas Executive Vice President Corporate Communication and CSR PLN, I Made Suprateka dalam keterangannya, Kamis (14/5/2020).

Made menjelaskan setidaknya 4 golongan yang terjangkau dalam kebijakan stimulus listrik dari PLN. Pertama, pelanggan rumah tangga dengan daya 450 VA akan mendapatkan listrik gratis selama 3 bulan, terhitung sejak April sampai Juni.

Kemudian, bagi pelanggan rumah tangga dengan daya 900 VA Subsidi PLN akan memberikan diskon 50% selama 3 bulan, terhitung April - Juni.


PLN juga memberikan stimulus untuk pelanggan bisnis kecil (B1) dan pelanggan industri kecil (I1) daya 450 VA. Mereka akan mendapatkan listrik gratis selama 6 bulan, terhitung Mei sampai Oktober.

Untuk menjangkau pelanggan di daerah terpencil, PLN juga akan bekerja sama dengan perangkat pemerintah tingkat kecamatan, hingga desa untuk memastikan bantuan listrik tersalurkan dan dapat diterima masyarakat.

"Kami akan terus memastikan stimulus listrik ini dapat diterima oleh masyarakat, sehingga dapat meringankan beban di tengah pandemi COVID-19 ini," ungkap Made.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan listrik gratis PLN?

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Ini Penjelasan PLN soal Tarif Listrik"
[Gambas:Video 20detik]