Jelang Lebaran, Pasokan LPG di Sulawesi & DIY Dipastikan Aman

Ibnu Munsir, Pradito Rida Pertana - detikFinance
Senin, 18 Mei 2020 22:53 WIB
Petugas melakukan proses pengecekan tabung gas 3 kg yang telah diperbaiki dilapangan penimbunan tabung Depo Pertamina Gas Plumpang, Jakarta, Jumat (2/5/2014). Depo pertamina Plumpang memiliki kapasitas perbaikan 1500 tabung per hari.
Foto: Agung Pambudhy


Sementara itu, menjelang hari raya Idul Fitri 1441 H, PT. Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region IV memastikan ketersediaan dan penyaluran LPG di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) aman. Selain itu, jika ada pangkalan Pertamina yang menjual LPG di atas harga HET konsumen dapat lapor melalui kontak Pertamina di 135.

Pjs. General Manager Pertamina MOR IV, Teuku Johan Miftah menyebut, pihaknya memprediksi peningkatan konsumsi sebesar 4% selama Ramadhan dan menjelang hari raya Idul Fitri nanti. Namun, jumlah tersebut tidak berbeda jauh dengan lebaran tahun lalu.

"Rata-rata harian normal penyaluran LPG saat ini di angka 420 MT (Metric Ton) dan akan naik menjadi 437 MT. Jumlah tersebut tidak berbeda jauh dari Ramadan dan Idul Fitri tahun 2019 yang berkisar di angka 440 MT per hari," kata Johan melalui keterangan tertulisnya, Senin (18/5/2020).


Selain itu, Johan menyebut jika stok LPG yang berada di Fuel Terminal Pertamina saat ini dalam kondisi aman. Bahkan, stok tersebut dapat memenuhi kebutuhan masyarakat saat lebaran nanti.

"Untuk mengantisipasi jika terjadi lonjakan permintaan LPG khususnya ukuran 3 kg bersubsidi (PSO), Pertamina mengimbau kepada masyarakat untuk tetap patuh pada aturan yang telah ditetapkan dan tidak perlu khawatir akan kekurangan pasokan LPG," katanya.

"LPG 3 kg hanya diperuntukkan bagi masyarakat miskin atau tidak mampu sehingga kami berharap kepada warga masyarakat yang memiliki kondisi ekonomi yang baik dapat menggunakan LPG non subsidi yaitu varian bright gas," lanjut Johan.

Halaman


Simak Video "Ini Hasil Pertemuan Ahok dan Erick Thohir"
[Gambas:Video 20detik]

(hns/hns)