Petugas PLN Mulai Keliling Lagi, Masih Perlu Foto Meteran?

Anisa Indraini - detikFinance
Jumat, 29 Mei 2020 10:40 WIB
PLN Segera Lakukan Penyerdahanaan Golongan Pelanggan

Petugas mengecek meteran listrik di rusun petamburan, Jakarta Pusat, Senin (13/11/2017). Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berencana melakukan penyederhanaan kelas golongan pelanggan listrik rumah tangga non-subsidi. Grandyos Zafna/detikcom

-. Penyederhanaan ini berlaku kepada pelanggan dengan golongan 900 VA tanpa subsidi, 1.300 VA, 2.200 VA, dan 3.300 VA. Semua golongan tersebut akan dinaikkan dan ditambah dayanya menjadi 4.400 VA.
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

PLN mulai melakukan pencatatan meter lagi secara langsung ke rumah pelanggan pascabayar untuk tagihan rekening bulan Juni 2020. Pembacaan meter dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan yaitu menggunakan standar Alat Pelindung Diri (APD).

"Akhir bulan Mei ini petugas kami sudah kembali mencatat ke rumah pelanggan untuk rekening bulan Juni. Hal ini dilakukan untuk memastikan kesesuaian tagihan rekening listrik dengan penggunaan listrik oleh pelanggan," kata Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan, Bob Saril kepada detikcom, Jumat (29/5/2020).

Lalu, apakah pelanggan masih perlu mengirimkan foto meteran secara mandiri?

Bob mengatakan, pelaporan mandiri pelanggan yang valid akan dijadikan prioritas utama dasar perhitungan rekening listrik. Jadi walaupun petugas keliling lagi, pelanggan tetap boleh melakukan pencatatan meter mandiri jika mau.


"Jadi kalau pelanggan mengirimkan angka stand kWh meter dan terverifikasi benar, kami akan menggunakan laporan tersebut sebagai dasar perhitungan rekening. Meskipun petugas catat meter mengunjungi rumah pelanggan," ucapnya.

PLN menyiapkan layanan lapor stand meter mandiri melalui aplikasi WhatsApp Messenger (WA) PLN 123 dengan nomor 08122123123. Pelaporan mandiri pelanggan bisa dilakukan pada tanggal 24-27 setiap bulannya.



Simak Video "Pemerintah Jamin Tarif Listrik Tak Naik Hingga Akhir Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(ang/ang)