Bikin Mati Listrik, Sub Sistem Gardu Induk Ungaran Kini Normal Lagi

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Minggu, 31 Mei 2020 12:45 WIB
PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangungan Sumatera Bagian Tengah (UIP Sumbagteng) menyelenggarakan acara syukuran atas keberhasilan pembangungan dan pengoperasian Jaringan Tegangan Tinggi Tegangan Listrik (TL) dan Gardu Induk (GI) 150 kV Muara Labuh, Kamis (20/12/2019). Pengoperasian Jaringan tersebut sebagai jawaban untuk pemanfaatan pembangkit listrik tenaga panas bumi Muara Labuh, Solok Selatan. Adapun proyek tersebut dapat diselesaikan hanya dalam waktu 14 bulan saja. Acara peresmian diadakan di halaman Gardu Induk Muara Labuh
Ilustrasi/Foto: Istimewa/PLN
Jakarta -

PT PLN (Persero) telah menormalkan seluruh gardu induk yang terdampak akibat adanya gangguan sub sistem Gardu Induk Ungaran. Sebelumnya, gangguan sub sistem ini menyebabkan 16 kabupaten/kota di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengalami pemadaman listrik.

Pasokan listrik di Jawa Tengah dan Yogyakarta itu normal lagi pukul 06.00 WIB.

"Alhamdulillah pada hari Minggu, 31 Mei 2020 pukul 06.00 WIB pasokan listrik di Jawa Tengah dan DIY sudah pulih 100% dan masyarakat dapat menggunakan listrik kembali," kata General Manager PLN UID Jateng & DIY Feby Joko Priharto dalam keterangannya, Minggu (31/5/2020).

Gangguan sub sistem Gardu Induk Ungaran terjadi pada pukul 23.59 WIB. Hal itu menyebabkan 32 gardu induk terdampak dan menyebabkan aliran listrik di sebagian wilayah Jawa Tengah dan DIY mengalami pemadaman.

Sejak Pkl 01.00 WIB dini hari, PLN secara bertahap melakukan penormalan kembali sejumlah gardu induk yang mengalami pemadaman.

"Upaya penormalan langsung dilakukan oleh PLN, dengan melakukan manuver memberikan pembebanan pada GI yang terganggu secara bertahap, dan saat ini semua gardu induk telah beroperasi normal," terangnya.



Simak Video "5 Cara Dapatkan Token Listrik Gratis"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/eds)