Mimpi Besar Erick Thohir Gandeng 4 BUMN Bikin Baterai Mobil Listrik

Hendra Kusuma - detikFinance
Sabtu, 13 Jun 2020 16:49 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir bahas kasus Asuransi Jiwasraya bersama Komisi VI DPR. Erick buka-bukaan soal penyelesaian sengkarut PT Asuransi Jiwasraya (Persero).
Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta -

Menteri BUMN Erick Thohir punya mimpi besar membentuk konsorsium pelat merah yang terdiri dari PT Pertamina, PT Telkom Indonesia, PT PLN, dan PT Inalum. Konsorsium ini nantinya akan berkolaborasi membuat dan memasarkan baterai mobil listrik.

Menurut Erick, mobil dan motor listrik ke depannya akan menjadi moda transportasi andalan di dunia termasuk di Indonesia. Sehingga konsorsium tersebut bertujuan memanfaatkan peluang bisnis.

"Mimpi yang lebih besar membikin konsorsium Pertamina, Telkom, PLN, Inalum untuk mencari solusi energi dalam arti baterai listirk," kata Erick saat live Instagram IDNTimes, Sabtu (13/6/2020).


Erick mengatakan Indonesia memiliki sumber daya alam (SDA) yang melimpah, sebagai contoh batubara yang bisa dikonversi menjadi metanol dan nikel yang bisa menjadi bahan baku listrik.

Sehingga konsorsium dari BUMN besar ini diharapkan bisa memanfaatkan potensi bisnis tersebut.

"Kita itu kaya karena SDA kita bisa di add value, batu bara bisa jadi metanol, baterai listrik dari nikel, ini sesuatu teknologi jadi kekuatan, saya tidak mau ke depan BUMN buat RND sendiri. Saya mau gabungkan dan kerja sama dengan universitas," tutur Erick.



Simak Video "Erick Thohir Beberkan Biang Kerok Tagihan Listrik Membengkak"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/hns)