Berusia 493 Tahun, Begini Kisah Jakarta Sampai Jadi Pusat Bisnis

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Senin, 22 Jun 2020 13:59 WIB
Foto udara suasana gedung bertingkat di kawasan Jalan Jendral Sudirman, Jakarta, Jumat (3/4/2020). Memasuki minggu ketiga imbauan kerja dari rumah atau work from home (WFH), kualitas udara di Jakarta terus membaik seiring dengan minimnya aktivitas di Ibu Kota. Berdasarkan data dari situs pemantauan udara AirVisual.com pada Kamis 3 April pada pukul 12.00 WIB, Jakarta tercatat sebagai kota dengan indeks kualitas udara di angka 55 atau masuk dalam kategori sedang. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/pras.
Foto: ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA

Direktur Eksekutif INDEF Tauhid Ahmad mengungkapkan sejak dulu Jakarta memang sudah menjadi pusat perdagangan dan perekonomian sejak zaman Belanda.

Hingga kini berkembang menjadi pusat perdagangan dan sektor jasa. Menurut dia Jakarta saat ini juga menjadi penopang perekonomian nasional dan terdampak COVID-19 yang cukup besar.

"Kalau dilihat perkembangannya memang saat ini Jakarta menjadi pusat perdagangan dan jasa. Untuk industrinya sedikit. Harusnya saat ulang tahun ini jadi momentum Jakarta untuk bangkit mengatasi pandemi dan menuju pemulihan," jelas dia.

Berdasarkan laman resmi jakarta.go.id Jakarta adalah kota dengan banyak peran yaitu sebagai pusat pemerintahan, pusat kegiatan perekonomian, pusat perdagangan, pusat jasa perbankan dan keuangan hingga gerbang utama wisatawan nusantara.

Dari data Badan Pusat Statistik (BPS) pada kuartal I 2020 pertumbuhan ekonomi Jakarta tercatat 5,06% terendah sepanjang 10 tahun terakhir.

Penyebabnya dari sisi lapangan usaha, perlambatan terjadi akibat pertumbuhan lapangan usaha mengalami penurunan kinerja, tumbuh jauh di bawah tahun lalu, yaitu Perdagangan, Konstruksi dan Jasa Perusahaan serta terkontraksinya industri pengolahan.

Halaman


Simak Video "Genjot Ekonomi RI, Satgas PEN Gelontorkan Rp 137 T"
[Gambas:Video 20detik]

(kil/fdl)