Pertamina Kaji Rencana IPO Sub Holding, Ini Bocorannya

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Senin, 29 Jun 2020 16:48 WIB
Logo Pertamina di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta
Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Manajemen PT Pertamina (Persero) tengah melakukan kajian untuk melepas saham atau initial public offering (IPO) sub holding. Namun, itu baru sebatas kajian dan belum ada keputusan lebih jauh.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan, sub holding yang tengah dikaji ialah pelayaran dan energi terbarukan.

"Jadi melihat ada sub holding shipping, renewable energy ini juga sedang kita kaji tapi intinya kami belum mengambil keputusan lebih jauh. Tentu kita butuh kajian kembali untuk melakukan ini kita harus yakin tujuan IPO apa, IPO hanya cara bukan tujuan," katanya dalam rapat dengan Komisi VI DPR Jakarta, Senin (29/6/2020).

"Kalau kemudian ini tidak menghasilkan market cap atau dana yang optimal tidak akan kita lakukan," sambungnya.

Nicke kembali mengatakan, hingga saat ini belum ada keputusan. Yang pasti, kata dia, dalam pelepasan saham ini butuh kajian yang mendalam.

"Jadi tetap akan kita lakukan tapi tidak bisa kami putuskan hari ini, karena ini tentu akan kita lakukan dengan matang dan ini semua harus keputusan pemegang saham secara prudent setelah kami kaji betul. Target market berapa kami harus sampaikan. Jangan sampai nanti keputusan muncul di publik, tidak bagus juga sebelum kajian yang optimal," ungkapnya.

Saat perombakan direksi Pertamina beberapa waktu lalu, Menteri BUMN Erick Thohir menargetkan mesti ada anak usaha yang di IPO kan dalam 2 tahun. Nicke bilang, pihaknya akan menjalankan keputusan pemegang saham.

"Tentu kalau keputusan pemegang saham akan kami jalankan dengan tahapan yang prudent dan profesional," tutupnya.



Simak Video "Jelang Lebaran, Pertamina Jamin Stok Elpiji di Sulsel Aman"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/eds)