Erick Thohir: Pengambilalihan Freeport Bukan Cuma soal Merah Putih!

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kamis, 02 Jul 2020 23:00 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir
Foto: Menteri BUMN Erick Thohir (Achmad Dwi Afriyadi/detikcom)
Jakarta -

Pengambilalihan saham PT Freeport Indonesia (PTFI) tidak hanya sekadar masalah merah putih, tetapi ada pengembangan yang harus dilakukan. Demikian disampaikan Menteri BUMN Erick Thohir dalam webinar Kingdom Business Community, Kamis (2/7/2020).

"Saya tidak mau pengambilalihan Freeport itu cuma merah putih saja, after that ya udah. Ini yang sekarang kita push baik di Antam, Timah, baik PTBA," ujarnya.

Erick Thohir juga telah menyampaikan hal tersebut kepada Direktur Utama Holding Tambang BUMN (MIND ID) Orias Petrus Moedak. Menurutnya, pengambilalihan saham Freeport itu bukan sekadar kepemilikan.


"Inilah yang kemarin Pak Orias yang lagi populer sekarang di berita salah satunya saya bilang Pak Orias kita ambil itu Freeport itu bukan hanya merah putih, kita punya 51%, bukan itu menurut saya," kata Erick.

Menurutnya, dengan penguasaan mayoritas di Freeport ada beberapa hal yang bisa dilakukan.

"Justru dengan kita mendapat Freeport kita ada yang namanya 3 hal yang kita bisa lakukan benchmarking paling gampang daripada cost structure, human capital dan semuanya. Kedua juga tadi bagaimana teknologi. Ketiga bagaimana market," tutur Erick.



Simak Video "Erick Thohir Beberkan Biang Kerok Tagihan Listrik Membengkak"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/hns)