New Normal, Pertamina MOR I Catat Kenaikan Konsumsi Avtur-Pertamax

Reyhan Diandri Ghivarianto - detikFinance
Senin, 06 Jul 2020 16:35 WIB
Avtur
Foto: Dok. Pertamina
Jakarta -

PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region (MOR) I mengumumkan di era kenormalan baru ini, konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Avtur mulai bergerak naik, khususnya di wilayah Sumatera bagian Utara dan Barat. Hal ini dipicu oleh penerbangan penumpang domestik yang mulai beroperasi di sejumlah Bandar Udara.

Unit Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I Roby Hervindo mengungkapkan berdasarkan data sejak 26 Juni, konsumsi Avtur di Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Kualanamu, Medan naik 125% dibanding penyaluran Mei 2020. Pergerakan konsumsi Avtur juga terjadi di DPPU Pinangsori, Tapanuli Tengah sebanyak 15% dan DPPU Binaka, Gunungsitoli 5%. Kenaikan sebesar 10% juga terjadi di DPPU Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru.

Sementara di Provinsi Batam, DPPU Hang Nadim tercatat meningkat 95% dan DPPU Ranai ada peningkatan 40% dari periode sebelumnya, serta DPPU Sultan Iskandar Muda, Aceh naik 70% dibanding penyaluran bulan lalu. Kenaikan konsumsi tertinggi terjadi di DPPU Minangkabau yang mencapai 400% dibanding penyaluran bulan lalu.

Lebih lanjut Roby menjelaskan meski memasuki kenormalan baru, DPPU (Depot Pengisian Pesawat Udara) tetap memperhatikan protokol pencegahan COVID-19 dalam beroperasi melayani penerbangan. Protokol ini di antaranya adalah dengan menerapkan jaga jarak, selalu menggunakan masker, menggunakan sarung tangan ketika bekerja, serta melakukan cuci tangan sebelum dan selesai beraktivitas.

"Pekerja DPPU juga secara berkala melaksanakan pemeriksaan kesehatan sebelum bekerja. Pekerja di DPPU Kualanamu, Pinangsori, Binaka, Sultan Syarif Kasim II, Hang Nadim, Ranai, Sultan Iskandar Muda, dan Minangkabau telah melaksanakan rapid test. Hasilnya semua non reaktif, tidak ditemukan pekerja dengan gejala COVID-19," ujar Roby, dalam keterangan tertulis, Senin (6/7/2020).

Selain konsumsi Avtur yang meningkat, lanjut Roby, pihaknya juga mencatat peningkatan konsumsi Pertamax Turbo di wilayah tersebut. Di Sumatera Barat misalnya, rata-rata konsumsi Pertamax Turbo per hari melonjak 21% jika dibandingkan periode sebelumnya. Hingga kini, outlet Pertamax Turbo tersebar di 17 SPBU dan hadir di 10 kabupaten kota yaitu Kota Padang, Kabupaten Lima Puluh Kota, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Solok, Kabupaten Agam, Kota Payakumbuh, Kota Solok, Kabupaten Pesisir Selatan, Kabupaten Pasaman Barat, serta Kota Bukittinggi.

Lebih lanjut Roby mengatakan pihaknya telah memberikan apresiasi kepada sejumlah SPBU di Sumbar atas dedikasinya terhadap pelanggan setia Pertamina di Sumbar. Selain itu, Pertamina MOR 1 juga memberikan apresiasi kepada Agen LPG Bright Gas karena telah mampu mencapai penjualan tertinggi dan pertumbuhan terbaik untuk periode Mei 2020.

"Kami berharap, dengan pemberian apresiasi kepada Hiswana Migas di wilayah MOR 1 dapat memacu mereka untuk terus memberikan pelayanan terbaik dalam memenuhi kebutuhan masyarakat akan produk-produk Pertamina yang berkualitas," pungkas Roby.



Simak Video "Premium Bakal Dihapus, Ini Tanggapan Warga"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/hns)