7 Tips Cegah Tagihan Listrik Nunggak Selama New Normal

Soraya Novika - detikFinance
Selasa, 07 Jul 2020 12:20 WIB
Warga mengisi token listrik di salah satu room kelistrikan di Rusun Cipinang Besar Selatan, Jakarta. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli meminta Perusahaan Listrik Negara (PLN) untuk mengkaji ulang pembayaran listrik dengan sistem token karena dinilai mengandung unsur monopoli bayaran. Rachman Haryanto/detikcom.
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) kini sudah dilonggarkan di banyak wilayah di Indonesia. Artinya, segala aktivitas sosial dan ekonomi sudah kembali berjalan seperti sediakala dengan menjalankan protokol kesehatan yang ditetapkan.

Meski begitu, tak sedikit masyarakat yang masih menerapkan sistem kerja dari rumah (work from home) demikian pula anak-anak masih belajar dari rumah. Artinya, bukan tidak mungkin tagihan listrik beberapa bulan ini masih akan membengkak seperti bulan-bulan sebelumnya.

Banyak masyarakat ternyata yang menunggak tagihan listrik. Salah satunya seperti yang terjadi di Provinsi Bengkulu. Menurut Manager PT PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bengkulu Haris Andika sebanyak 32.453 pelanggan di Bengkulu menunggak tagihan listrik dengan total tunggakan mencapai Rp 9 miliar lebih.

Lalu, apa yang harusnya dilakukan mencegah tunggakan tagihan listrik tersebut?

Direktur Eksekutif Institute for Essential Services Reform (IESR) Fabby Tumiwa mengimbau masyarakat agar lebih rasional dalam menggunakan listrik sehari-hari. Masyarakat diminta belajar menghemat energi terutama ketika masih bekerja dari rumah.

"Pelanggan listrik harus rasional dalam menggunakan listrik. Perlu membangun kesadaran hemat energi dari diri sendiri. Jika tidak benar-benar diperlukan, tidak perlu menggunakan perangkat listrik. Hindarkan menggunakan perangkat listrik yang boros energi," ujar Fabby kepada detikcom, Selasa (7/7/2020).

Fabby pun memberi sedikit tips-tips kepada pelanggan untuk mencegah tunggakan tagihan listrik.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Pemerintah Jamin Tarif Listrik Tak Naik Hingga Akhir Tahun"
[Gambas:Video 20detik]