Pasokan BBM dari Kilang Terbesar RI Jelang Idul Adha Aman

Arbi Anugrah - detikFinance
Rabu, 29 Jul 2020 23:30 WIB
Pembangunan Residual Fluid Catalytic Cracker (RFCC) yang berada di area Kilang Cilacap sudah rampung. Kilang yang memproduksi gasoline RON 92 atau Pertamax itu akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo dalam waktu dekat. Rencananya akan diresmikan pada awal Oktober. RFCC Cilacap akan memproduksi gasoline RON 92 sehingga kurangi impor. Hasan Alhabshy/detikcom.
Foto: Hasan Al Habshy

Hatim menjelaskan, pendistribusian produk-produk BBM dari Kilang Cilacap saat ini pun tak ada kendala, baik yang dilakukan melalui jalur kapal laut atau lewat jaringan pipa. Untuk distribusi melalui jaringan pipa, produk Kilang Cilacap disalurkan melalui dua ruas yakni ke arah timur melalui ruas pipa Cilacap-Rewulu (Yogyakarta) serta ke arah barat lewat ruas Cilacap-Padalarang (Jawa Barat).

Hingga saat ini Kilang Cilacap mampu menjaga stok seluruh jenis BBM berada di angka aman. Rata-rata stok BBM yang dimiliki kilang dengan dukungan sekitar 1.500 pekerja ini cukup untuk memenuhi kebutuhan konsumsi di level 7 hari.

"Bahkan khusus untuk jenis Pertamina Dex dan solar, ketahanan stoknya mencapai 11 hari," ujar Hatim.


Adapun rincian stok premium berada di level 240 juta barel, Pertamax 220 juta barel, Pertadex 70 juta barel, solar 350 juta barel serta avtur di angka 165 juta barel.

"Ini menjadi komitmen kami untuk selalu menjaga keamanan dan kehandalan produksi guna memenuhi kebutuhan energi masyarakat," tutup Hatim.

Halaman


Simak Video "Bahagianya Rara LIDA Bisa Berkurban Pertama Kali saat Idul Adha"
[Gambas:Video 20detik]

(arb/hns)