Staf Biasa Mau Jadi Bos di Pertamina? Begini Caranya

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 10 Agu 2020 19:20 WIB
Kantor Pertamina
Foto: Danang Sugianto/detikFinance
Jakarta -

Dirut PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati bicara soal sistem penjenjangan karir baru Pertamina. Dia mengatakan kini di Pertamina semua orang bisa langsung mendapatkan jabatan strategis tanpa perlu mengabdi bertahun-tahun.

Dia mengatakan bila ada jabatan kosong perusahaan akan melelangnya untuk seluruh karyawan lewat aplikasi. Mulai dari posisi vice president hingga direksi anak usaha ditawarkan kepada seluruh karyawan.

"Kita pun membuka talent, sebelumnya kan berjenjang senior dulu segala macam. Sekarang kita ada digital apps untuk karir ini kita bidding ini ada posisi VP, posisi manajer, SVP, ada direksi anak usaha," jelas Nicke dalam webinar bersama Rakyat Merdeka, Senin (10/8/2020).

Para karyawan yang merasa dirinya memenuhi kriteria bisa langsung mendaftarkan diri untuk kemudian masuk dalam tahap seleksi.

"Jadi mereka apply lalu dilakukan pemilihan dengan cara ini kita bisa dapatkan potensi untuk menempati level berikutnya. Kita kasih kesempatan," papar Nicke.

Dengan cara seperti ini menurutnya membuat potensi-potensi para karyawan menjadi terlihat, sehingga perusahaan dapat mendapatkan orang yang sesuai untuk mengisi sebuah jabatan strategis.

"Ini akselerasi untuk memilih milenial dan orang yang kompeten dan punya leadership dan teknikal bagus. Semua online juga di aplikasi," ujar Nicke.

Sistem ini sendiri dilakukan setelah Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok masuk sebagai Komisaris Utama Pertamina. Ahok sebelumnya mengatakan sistem ini menjadi budaya baru di Pertamina.

"Yang perlu kita perhatikan pada seluruh insan Pertamina adalah kita akan memasuki sebuah budaya baru. Membuka kesempatan kepada seluruh insan Pertamina golongan yang PRL-nya (Pertamina Reference Level) di bawah 15 pun anda berhak untuk ikut test menduduki posisi sampai SVP," kata Ahok dalam video yang diunggah Pertamina, dikutip Jumat (17/7/2020).



Simak Video "Ahok Bongkar Aib Pertamina, DPR Bersuara"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)