Cegah Orang Kaya 'Minum' Premium cs, Mobil Ditempeli Stiker Sindiran

Agus Setyadi - detikFinance
Rabu, 19 Agu 2020 16:22 WIB
Stiker BBM Bersubsidi bernada menyentil pengguna
Foto: Dok. PT Pertamina (Persero)

Penempelan stiker akan dilaksanakan serentak di 126 SPBU seluruh Provinsi Aceh. Periode sosialisasi selama tujuh hari, mulai tanggal 19 - 25 Agustus. Selama masa sosialisasi tersebut, stiker dibagikan secara gratis.

Lewat program tersebut diharapkan subsidi dapat dinikmati oleh masyarakat kecil yang lebih membutuhkan. Selain itu juga agar mengurangi antrian Biosolar dan Premium di SPBU.

Unit Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I, M. Roby Hervindo, mengatakan, data penyaluran subsidi selalu melebihi kuota.

"Konsumsi Biosolar dan Premium di Aceh menunjukkan tren melebihi kuota yang dipatok pemerintah. Pada 2018 misalnya, konsumsi Biosolar mencapai 359 juta liter, melebihi kuota 351 juta liter. Di tahun yang sama, konsumsi Premium menembus 377 juta liter sedangkan kuotanya hanya 337 juta liter," kata Roby.

Sementara penyaluran Premium dan Biosolar hingga Juli 2020 sudah sebanyak 97 juta liter dan 198 juta liter. Atau sebesar 51% untuk Premium dan 55% untuk Biosolar dari kuota 2020.

"Aturan ini dapat menjadi salah satu cara untuk menghindari konsumsi yang melebihi kuota," ujar Roby.

Halaman

(agse/hns)