IBM Bikin Aplikasi Canggih Buat Eksplorasi Migas

Aulia Damayanti - detikFinance
Rabu, 09 Sep 2020 13:54 WIB
Migas
Foto: Istimewa
Jakarta -

Produsen perangkat lunak komputer International Business Machines Corporation (IBM) berencana menciptakan platform digital untuk perusahaan minyak dan gas asal Amerika Serikat Schlumberger.

Kerjasama itu akan menciptakan sebuah aplikasi Schlumberger yang dinamakan DELFI. Aplikasi buatan IBM ini akan mengupayakan perusahaan melakukan pemindaian data untuk berbagai kegiatan dalam satu aplikasi.

Seperti survei lokasi pengeboran, melihat mana tanah yang cocok untuk dilakukan pengeboran, mencari sudut terbaik pengeboran, dan melihat lokasi mana yang memiliki paling banyak minyak.

"Digital telah menjadi keharusan bagi industri kami. Seluruh industri menyadari bahwa inilah yang dapat membuka tingkat efisiensi, produktivitas, dan kinerja berikutnya," kata CEO Schlumberger Olivier Le Peuch, dikutip dari CNN, Rabu (9/9/2020).

Kemitraan dengan Schlumberger adalah bagian dari rencana investasi IBM pada teknologi Hybrid Cloud miliknya. Kemampuan pada server ini akan membuat aplikasi lebih mudah memindai data.

"Kami berpikir bahwa pendekatan hybrid membuka lebih banyak nilai bagi klien kami daripada pendekatan biasa atau cloud saja," ujar CEO IBM Arvind Krishna.

Dengan menambah platform DELFI dengan Hybrid Cloud IBM, perangkat lunak Schlumberger sekarang akan tersedia untuk perusahaan minyak dan gas mana pun secara global, terlepas dari bagaimana mereka menyimpan datanya.

"Ini memungkinkan platform ini untuk digunakan di semua infrastruktur ini dan karenanya benar-benar kesempatan investasi," kata Krishna.

Kesepakatan dengan Schlumberger adalah salah satu harapan IBM, perusahaan berencana akan banyak melakukan kemitraan semacam itu. Khusunya pada sektor perbankan dan manufaktur.

Strategi itu akan memungkinkan IBM menjadi pemain besar sebagai penyedia layanan Hybrid Cloud ke berbagai industri migas. Selain itu, Hybrid Cloud bagian dari investasi US$ 1 miliar yang diumumkan IBM bulan lalu.



Simak Video "3 Pukulan Telak Corona Buat Pertamina, Apa Saja?"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)