Peraih Minerba Award 2020 Diminta Beri Contoh bagi Perusahaan Lain

Alfi Kholisdinuka - detikFinance
Kamis, 01 Okt 2020 07:02 WIB
Menteri ESDM Arifin Tasrif menyampaikan pendapat akhir pemerintah dalam rapat kerja dengan Komisi VII DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (11/5/2020).  Pemerintah bersama Komisi VII DPR sepakat mengesahkan Revisi Undang-Undang Mineral dan Batu Bara Nomor 4 Tahun 2009 dan selanjutnya akan dibawa ke sidang paripurna untuk dijadikan undang-undang. ANTARA FOTO/Didik Setiawan/wpa/hp.
Foto: ANTARA FOTO/Didik Setiawan
Jakarta -

Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif berharap perusahaan-perusahaan penerima penghargaan Minerba Award 2020 dapat menjadi role-model dan etalase untuk penerapan kaidah teknik pertambangan bagi perusahaan lain.

Sebab, kata Arifin, pemberian penghargaan prestasi penerapan kaidah teknik pertambangan mineral dan batubara tahun 2020 ini dapat mendorong perusahaan lain untuk menerapkan kegiatan pertambangan yang baik.

"Saya menaruh harapan bahwa hal ini dapat menjadi benchmark yang nyata bagi pengelolaan kaidah teknik pertambangan untuk badan usaha pertambangan lainnya," ujar Arifin dalam keterangan tertulis, Rabu (30/9/2020).

"Saya berharap agar badan usaha pertambangan dan badan usaha jasa pertambangan yang mendapatkan penghargaan dapat menjadi role-model, etalase, serta a place to see and be seen untuk penerapan kaidah teknik pertambangan," imbuhnya.

Sebagai informasi, Minerba Award merupakan ajang pemberian apresiasi dari Pemerintah kepada badan usaha pertambangan dan badan usaha jasa pertambangan yang telah melakukan upaya untuk mematuhi kaidah teknis, melaksanakan konservasi sumberdaya dan cadangan, menciptakan kondisi kerja yang aman, dan perlindungan terhadap lingkungan hidup, dalam rangka mewujudkan praktek pertambangan yang baik atau Good Mining Practices.

Diketahui Pemberian Pemberian Penghargaan Prestasi Penerapan Kaidah Teknik Pertambangan Mineral dan Batubara yang Baik Tahun 2020 tahun ini terdiri atas:

1. Penghargaan Terbaik Atas Keberhasilan Penerapan Kaidah Teknik Pertambangan Yang Baik
2. Penghargaan Pengelolaan Teknis Pertambangan Mineral dan Batubara
3. Penghargaan Pengelolaan Keselamatan Pertambangan Mineral dan Batubara
4. Penghargaan Pengelolaan Lingkungan Hidup Pertambangan Mineral dan Batubara Penghargaan Pengelolaan Konservasi Mineral dan Batubara.
5. Penghargaan Pengelolaan Standarisasi dan Usaha Jasa Pertambangan Mineral dan Batubara.

Untuk penghargaan terbaik atas keberhasilan penerapan kaidah teknik pertambangan yang baik diberikan kepada:

1. PT J Resources Bolaang Mongondow untuk Terbaik Penerapan Kaidah Teknik Pertambangan Yang Baik Kelompok Komoditas Mineral.
2. PT Adaro Indonesia untuk Terbaik Penerapan Kaidah Teknik Pertambangan Yang Baik Kelompok Komoditas Batubara.

(ega/ega)