Sempat Padam, Listrik 13 Kabupaten di Jateng-DIY Sudah Normal

Arbi Anugrah - detikFinance
Selasa, 13 Okt 2020 13:46 WIB
Petugas PLN melakukan perbaikan kabel listrik di kawasan Manggarai, Jakarta. Hal itu dilakukan karena beberapa jaringan listrik masih bermasalah.
Ilustrasi/Foto: Agung Pambudhy
Yogyakarta -

Setelah sempat padam akibat gangguan subsistem Kesugihan listrik 13 Kabupaten di Jawa Tengah dan sebagian Yogyakarta sudah normal kembali. Senior Manager General Affairs PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah & D.I. Yogyakarta, Elly Oktaviani Ciptati mengatakan apabila masih ada wilayah yang mengalami pemadaman, kemungkinan diakibatkan adanya pemeliharaan jaringan ataupun gangguan yang sifatnya lokal.

"Alhamdulillah pada pukul 11.42 WIB pasokan listrik di Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta sudah pulih 100 persen dan masyarakat dapat menggunakan listrik kembali," kata Elly dalam pesan tertulisnya kepada wartawan, Selasa (13/10/2020).

Sebelumnya gangguan pada subsistem Kesugihan terjadi pada pukul 09.48 WIB dengan daerah terdampak; Kebumen, Cilacap, Wonosobo, Purworejo, Magelang, Temanggung, Banyumas, Banjarnegara, Purbalingga, Tegal, Brebes, Kulon Progo, dan Gunung Kidul.

Gangguan ini sedikitnya menyebabkan sebanyak 21 gardu induk padam dan daya yang hilang sebesar 608,5 MW.

"Mengatasnamakan PLN, kami memohon maaf yang sebesar-besarnya atas ketidaknyamanan yang dialami pelanggan. Kami senantiasa terus berupaya meningkatkan keandalan pasokan listrik," imbuhnya.

(arb/hns)